Bersihkan Sungai Lantora, Pemkab Turunkan Alat Berat


Polewali, fokusmetrosulbar.com - Pasca banjir luapan Sungai Lantora beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menurunkan alat berat untuk membersihkan sungai dari tumpukan sampah, Senin sore (16/10). 

Alat berat tersebut diturunkan untuk mengeruk sungai dan mengangkat tumpukan sampah yang menghambat aliran air sungai. 

Ratusan kubik material sampah yang menumpuk terdiri dari kayu gelondongan, batang pohon dan sampah plastik, diangkat dari dalam sungai. Sampah tersebut kemudian diangkut dinas kebersihan ke tempat pembuangan akhir. 

Sekretaris Kelurahan Lantora Ilyas mengatakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan dinas terkait pasca banjir. Menurutnya, langkah itu sebagai upaya normalisasi Sungai Lantora.

Ilyas mengimbau supaya warga tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah kedalam sungai, agar warga yang rumahnya berada disekitar bantaran sungai tidak kebanjiran. 

"Inilah akibat perilaku buruk warga yang sembarang membuang sampah ke sungai," terang Ilyas. 

Saat pengerukan sungai, jalur trans Sulawesi sempat mengalami kemacetan panjang. Petugas terpaksa melakuan pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan. 

Hingga kini, tumpukan sampah sudah berkurang, aliran air sungai pun sudah mengalir perlahan. Rencananya, pengerukan sungai akan dilanjutkan esok hari. (ant/tfk)

Related

POLMAN 2361150751123939935

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini