Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolda: Bersama Kita Ciptakan Rasa Aman


Mamuju, FMS - Guna mempersiapkan pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Kepolisian Daerah Sulbar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektorat dalam mendukung kesiapan operasi lilin 2018.

Rapat tersebut dilaksanakan di Aula Arya Guna Mapolda Sulbar, jalan Kalubibing, Kelurahan Mamunyu, Kabupaten Mamuju, Sulbar. Rabu (12/12/2018).

Rakor itu dipimpin Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar dan dihadiri oleh, Kasrem 142 Tatag, Kabinda, Ka BNN, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulbar, OPD Lingkup Provinsi Sulbar, para Pejabat Utama Polda Sulbar, Basarnas, Dinas Kesehatan, Kepala SPBU Provinsi Sulbar dan seluruh tamu undangan lainnya.

"Rapat ini digelar, tujuannya agar saling  memberikan informasi dari kesiapan kita masing-masing, sekaligus memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan merayakan Natal dan tahun baru," kata Kapolda.

Perayaan natal merupakan momen religius yang melebur dalam budaya bangsa dan setiap tahunnya dirayakan oleh saudara kita yang beragama Nasrani.

Perayaan tahun Baru juga merupakan momen pergantian tahun yang hampir seluruh masyarakat indonesia merayakannya.

Menurutnya, perayaan Natal dan Tahun Baru akan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat, baik di tempat perbelanjaan, terminal angkutan udara, darat dan laut, tempat ibadah serta tempat rekreasi," ucap Kapolda.

Dan tentunya akan terjadi peningkatan mobilitas yang berimplikasi pada masalah kamtibmas.

"Dan ini harus dijaga dan dikelola dengan baik, agar masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman, nyaman dan selamat, serta terhindar dari rasa kekhawatiran," terang Kapolda.

Demi mewujudkan keamanan dan kenyamanan serta keselamatan masyarakat dalam melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru, maka target yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan operasi lilin 2018 adalah, terwujudnya rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan kegiatan beribadah, maupun berwisata serta keamanan wilayah pemukiman yang ditinggal penghuninya.

Terwujudnya keamanan, ketertiban, kelancaran, dan keselamatan lalu lintas baik angkutan darat, angkutan laut, maupun angkutan udara. Terjaminnya keamanan dan kelancaran distribusi bahan pokok, BBM dan listrik, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap ketersediaannya.

Terwujudnya keamanan dalam aktivitas embarkasi dan debarkasi di pelabuhan atau terminal darat, laut, maupun udara untuk menjamin keselamatan penumpang selama perjalanan maupun setibanya di tempat tujuan, serta dapat mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman aksi terorisme, timbulnya rasa kepercayaan masyarakat kepada Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Demi mencapai target tersebut, diperlukan keseriusan kita dalam pelaksanaan operasi ini, melalui kerja sama dan sinergi dengan segenap stakeholder terkait serta komponen masyarakat lainnya, sehingga kita akan dapat memberikan pelayanan dan pengamanan secara komprehensif kepada masyarakat serta dapat memberikan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya," harap Kapolda.

"Ini tentunya, merupakan tantangan bagi kita semua untuk dapat mewujudkannya, sehingga operasi lilin 2018 ini dapat dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan," tutup Kapolda.

(ahmad)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 8440243651289682056

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item