Muzakkir: Informasi Milik Pemerintah Harus Dilindungi

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar, Muzakkir Kulasse

Mamuju, FMS - Dalam rangka mencegah terjadinya kebocoran informasi berklasifikasi milik pemerintah, Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo), Persandian dan Statistik menggelar acara Sosialisasi Perlindungan Informasi milik Pemprov Sulbar yang berlangsung di Hotel Matos, Senin (10/12/2018).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Luhut Parulian Sinambela, serta Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar sendiri, Muzakkir Kulasse.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar, Muzakkir Kulasse mengatakan, perlindungan terhadap informasi milik pemerintah, merupakan asset penting, yang mutlak harus diperhatikan.

"Asset pemerintah tersebut perlu mendapat perhatian dan harus dilindungi, agar tidak terjadi kebocoran, yang dapat merugikan organisasi," tandas Muzakkir.

Menurutnya, agar kebocoran itu tidak terjadi, diperlukan pengelolaan  dan perlindungan informasi berklasifikasi secara utuh, efisien, efektif dan akuntabel oleh instansi pemerintah,  guna mendukung terwujudnya keamanan nasional.

Penting juga memperhatikan bahwa informasi tersebut hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dan sekaligus menjamin kerahasiaannya, seperti saat dibuat, dikirim dan disimpan.

"Ini berarti orang yang mengetahui informasi itu, tidak boleh mengeksposnya keluar dan harus satu orang yang bertanggungjawab, tidak boleh lebih," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap agar seluruh peserta dapat menyimak dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber.

Sementara itu, Kepala Seksi Persandian dan Keamanan Informasi, Zaenab Sapha menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan agar mekanisme pengelolaan dan perlindungan informasi berklasifikasi milik pemerintah, berjalan secara aman, efektif dan efisien.

Turut hadiri pada kegiatan itu,  Sekretaris Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Pemprov Sulbar Andi Muhammad Yasin, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Sudarso Din, Kabid Tik, Persandian dan Statistik Almes Amedian.

(wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 999930460783064068

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item