Simulasi Sispamkota, 365 Personil TNI dan Polri Dilibatkan


Mamuju, FMS - Dalam rangka memantapkan pengamanan pemilu 2019, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat melaksanakan pelatihan Tactical Floor Game (TFG) Sispamkota sebagai gambaran pengamanan, sekaligus mengantisipasi segala macam ancaman potensi konflik.

Dalam pelaksanaannya, Polda Sulbar melibatkan 369 personil gabungan TNI dan Polri dengan rincian 156 Polri plus 30 TNI dan 183 Bintara remaja Polda Sulbar guna mengoptimalkan pengamanan simulasi sispamkota.

Kegiatan ini dilaksanakan di Mako Brimob, Jalan RE Martadinata, Simboro Mamuju dan dipimpin langsung oleh Kasat Brimob Polda Sulbar Kombes Pol Muhammad Anis Prasetyo, SIK, M.Si.

Menurut Anis, Polri sebagai penanggung jawab pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 harus merencanakan pengamanan sedemikian rupa untuk mencegah dan mengantisipasi segala potensi kerawanan yang dapat mengganggu kelancaran pesta demokrasi ini.

Olehnya, semua personil yang terlibat dalam pengamanan Pemilu ini harus mengetahui dan memahami peran dan tugas pokoknya sebagai petugas pengamanan, berkaitan dengan itulah pentingnya pelatihan TFG atau simulasi sispamkota ini dilakukan untuk membekali petugas agar dapat melaksanakan tugasnya secara optimal.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi terkait dislokasi personel, kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing unsur dalam menangani potensi konflik," tutur Anis.

Sementara itu, Danden Gegana AKBP Irawan Banuaji, SIK, M.Si juga memberikan gambaran teknis pengamanan dengan menggunakan miniatur seperti aslinya disertai skenario kegiatan yang menggunakan peralatan miniatur dan selanjutnya diperagakan langsung oleh para petugas di lapangan.

Setelah pembekalan teori tentang tehnik gambaran pengamanan saat terjadi konflik, juga dilakukan praktek langsung agar seluruh personil benar-benar paham dengan langkah dan tindakan yang akan dilakukan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nampak seluruh personil yang melaksanakan praktek begitu semangat dan antusias mengikuti skenario pengamanan yang telah disusun demi menyukseskan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Ditempat yang berbeda, Kabid Humas AKBP Hj. Mashura, SH menyebutkan, melalui pelatihan TFG ini seluruh personil lebih mampu meningkatkan pemahaman dengan situasi terkini guna mencegah konflik dalam mewujudkan situasi yang tetap kondusif pada pemilu 2019.

(Ahmad)

Related

MAMUJU 870400590282841934

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini