Kapolda Sulbar: Pelaksanaan Pemilu 2019 di Sulawesi Barat Aman

Mamuju, FMS - Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar menyatakan pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 di daerah itu berlangsung secara aman dan lancar.

"Secara umum pelaksaanaan pemilu di Sulawesi Barat berjalan aman dan damai. Pemilu kali tergolong yang paling aman," kata dia ketika menggelar  konferensi pers di Mapolres Mamuju, Jalan KS. Tubun, Mamuju, Sabtu (11/5/2019).

Ia menjelaskan bahwa sejak proses awal sebelum pencoblosan pada 17 April 2019, penghitungan suara di tingkat TPS, PPK, hingga tingkat KPU Kabupaten dan provinsi, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Apalagi dalam pengamanan rapat terbuka pleno penetapan hasil pemungutan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi di Sulawesi Barat, kami terapkan sistem pengamanan tiga lapis," kata dia.

Sistem pengamanan tersebut, kata dia, untuk mengantisipasi adanya oknum warga yang membawa senjata tajam atau alat tajam tradisional ke dalam ruang rapat pleno tersebut.

"Dengan begitu, kami bisa menjaga rapat pleno dengan baik dan berhasil juga dengan baik. Dan pada Jumat (10/5/2019) tadi malam, putusan hasil pleno penghitungan suara dan semua berjalan aman," kata dia.

Kapolda menambahkan bahwa hampir seluruh personel dari Polres Mamuju diterjunkan dalam tugas pengamanan rapat pleno tersebut.

"Kami juga dibantu dari personel Kodim  1418 Mamuju dalam pengamanan rapat pleno tersebut. Dan kami apresiasi warga yang ikut mendukung tercipta dan terjaganya suasana yang kondusif," kata dia.

Sementara itu Ketua KPU Sulbar Rustang menyampaikan apresiasinya kepada TNI dan Polri atas pengamanan rapat pleno yang dinyatakan berjalan aman dan lancar.

"Saya mengampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri atas pemgamanan yang berikan pada pelaksanaan rapat pleno hingga rapat pleno berjalan aman dan lancar hingga selesai," ujarnya.

(Wati)

Related

MAMUJU 8249040393469332515

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini