Polsek Karossa Gelar Patroli Sasar Balap Liar

Mateng, FMS - Demi menjamin situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya para pengguna jalan raya di subuh hari hingga pagi hari, Polsek Karossa mengadakan patroli di Jalan Poros Karossa, Jumat (10/5/2019).

Patroli yang dipimpin oleh Kapolsek Karossa, Iptu Mukhtar Mahdi bersama personelnya menyasar tempat-tenpat yang sering dijadikan ajang balap liar.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi pemuda yang melakukan balapan liar usai shalat subuh yang sering mengganggu para pengguna jalan," kata Mukhtar.

Mukhtar menjelaskan, di bulan Ramadhan ini kegiatan menunggu matahari terbit atau usai shalat subuh para pemuda kerap berkumpul di jalan untuk melakukan balapan.

"Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan akan mengganggu para pengguna jalan lainnya seperti balapan liar, beberapa pemuda yang berkumpul di jalanan kami bubarkan. Ini demi keselamatan mereka semua para generasi penerus," jelas Mukhtar.

Dalam patroli tersebut, polisi memberikan pembinaan kepada para remaja dengan cara memberikan pemahaman tentang pentingnya kelengkapan surat-surat kendaraan, serta pentingnya mematuhi peraturan lalulintas termasuk larangan melakukan modifikasi kendaraan yang dapat membahayakan diri sendiri dan bagi pengguna jalan yang lain.

"Dan bagi anak yang belum cukup umur mengendarai kendaraan, disarankan agar tidak mengemudi karena jiwa mereka masih labil dan beban yang dia kendarai lebih berat dibanding beban tubuhnya sehingga berpotensi kecelakaan," kata Mukhtar.

Dengan berpatroli rutin setiap menjelang terbitnya matahari lanjut Mukhtar, akan mempersempit ruang gerak bagi para pemuda untuk balap liar, sehingga situasi di jalan trans Sulawesi aman untuk dilalui oleh pengguna jalan.

Mukhtar berharap, patroli disertai pendidikan dan imbauan kepada para remaja agar selama bulan suci Ramadhan mereka melakukan hal yang lebih bermanfaat dan positif supaya nilai ibadah mereka dapat bertambah.

"Bukannya melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan warga seperti melakukan balapan liar dengan memodifikasi kendaraan dan menggunakan knalpot racing. Semoga kegiatan rutin yang kami laksanakan dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga polisi sebagai pelindung, pengayom serta pelayan masyarakat akan tertanam di hati masyarakat," terang Mukhtar.

Mukhtar menegaskan, siapapun jangan coba-coba melakukan balapan liar di Jalan Poros Karossa. 

"Ingat, jangan coba-coba balapan liar kalau tidak mau dipatok sama tim Python Polsek Karossa," tutup Mukhtar.

(Ahmad)

BERITA LAINNYA

MATENG 8311182414400717455

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item