Razia, Polsek Karossa Sita Mercon


Mateng, FMS - Aparat Kepolisian mengintensifkan pengamanan jelang idul fitri 1440 H. Salah satunya operasi mercon ke para penjual di Pasar Lotu, Karossa. Hasilnya, mercon dengan sumbu ledak tinggi berhasil disita dari dua penjual karena dianggap membahayakan.

Kapolsek Karossa Iptu Mukhtar Mahdi mengatakan, razia mercon dilakukan sebagai antisipasi malam takbiran. Menurutnya, meski Polri telah melarang peredaran mercon namun masih saja dijumpai penjual mercon menjelang idul fitri.

”Sebenarnya sudah ada larangan menjual mercon, namun di lapangan masih ditemukan yang jualan. Seperti hari ini kami sita mercon dari dua penjual," ujar Iptu Mukhtar, Kamis (30/5/2019).

Lebih lanjut dijelaskan, Polri melarang peredaran kembang api jenis ledakan di bawah atau yang lazim dikenal sebagai mercon. Pasalnya, mercon dianggap mengganggu ketenteraman umum dan berbahaya bagi anak-anak.

"Kalau meledak di bawah khawatirnya bunyi ledakan itu ganggu psikologis warga. Terlebih lagi yang menderita penyakit jantung, bisa kaget karena bunyi ledakan mercon yang keras. Kemudian mercon juga bahaya untuk anak-anak dapat menimbulkan kecelakaan ketika mereka bermain mercon," timpalnya.

Kapolsek mengimbau, masyarakat tidak perlu menyalakan petasan saat merayakan malam takbiran (kemenangan), cukup dirayakan dengan perbanyak berdzikir dan bertakbir atas kebesaran Allah swt.

"Kami minta masyarakat berani melaporkan jika mengetahui peredaran kembang mercon yang membahayakan," tutup Kapolsek.

(Ahmad)

BERITA LAINNYA

MATENG 6903073460359704458

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item