6 Tempat Wisata di Mamuju yang Menarik Dikunjungi



Air Terjun Tammasapi

Mamuju merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan yang dimilikinya. Mulai dari situs sumur tiga rasa, spot foto foto, sampai air terjun yang memanjakan mata.

Jika Anda punya rencana liburan ke Mamuju, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk dikunjungi. Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, pantai, maupun kuliener yang tak kalah dengan wisata di Nusantara, ataupun Kabupaten besar lainnya.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Mamuju yang paling indah dan di rekomendasikan untuk didatangi. berikut kami ulas secara singkat enam Tempat Wisata di Mamuju Terbaru yang harus segera di explore:


Pulau Karampuang

 1. Pulau Karampuang

Pulau Karampuang menyimpan sejuta wisata alam, sangat baik untuk keluarga yang mereflesingkan diri. Di Pulau ini kita bisa melihat Sumur tiga rasa, dan sumur jodoh.

Kita juga akan dimanjakan dengan pasirnya yang putih. Anda jangan kuatir bila kemalaman, karena di Pulau ini disiapkan villa bagi para wisatawan dengan harga terjangkau.

Pulau Karampuang itu terletak di Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, jarak tempuh sekitar 15 menit dari Mamuju, Ibu kota Sulbar, dengan menggunakan perahu.


Pantai Malauwwa Mamuju

 2.  Pantai Malauwwa

Pantai Malauwwa terbilang baru, namum sangat menakjubkan bila didatangi bersama keluarga.

Dipantai ini, para wisatawan akan di manjakan dengan berbagai permainan laut seperti, speadboot, ban renang, babana boot dan lainnya. Pasirnya pun putih.

Wisata pantai itu terletak di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, sekitar 25 kilometer dari Mamuju, Ibu kota Sulbar dan dapat ditempuh sekitar 30 menit melalui perjalanan darat.

Tak hanya itu, terdapat penginapan yang berhadapan dengan bibir pantai dengan tarif terjangkau, hanya Rp 200 ribu/24 jam.

Tarif masuk wisata pantai itu terbilang sangat murah, hanya Rp 2.000 rupiah.


Kali Mamuju

 3.  Kali Mamuju

Objek Wisata Permandian Alam Kali Mamuju terletak sekitar lima kilometer dari ibu kota Mamuju. Ditempat ini disuguhkan pemandangan alam yang indah. Sungai mengalir jernih diantara pepohonan yang masih rimbun dan hijau. 

Tempat ini menjadi pilihan utama oleh penduduk kota Mamuju untuk berekreasi, dikarenakan jarak tempuh yang dekat serta suasana alam yang indah.

Tempat ini sangat nyaman karena suhu udara yang cukup sejuk sangat cocok untuk melepas penat dari aktifitas rutin kita. 

Di tempat wisata alam ini, para pengunjung juga bisa menikmati makanan buah durian sembari menceburkan diri ke dalam air sungai. 

Disisi lain pengunjung yang datang bersama keluarga, biasanya mempersiapkan bekal untuk menu makan siang, dengan membakar ikan di tepi sungai dan berenang atau bermain di sungai yang memiliki kesegaran menambah keakraban diantara mereka.

Disepanjang jalan di kawasan objek wisata kali Mamuju terdapat lapak-lapak yang menawarkan berbagai jenis buah-buahan, pengunjung yang ingin berwisata kuliner dapat menikmati aneka macam buah dengan harga yang terjangkau.


Air Terjun Tammasapi

 4.  Air Terjun Tammasapi

Wisata di Mamuju selanjutnya adalah Air Terjun Tammasapi. 

Ketinggian air terjun Tammasapi mencapai 75 meter. Air yang mengalir di sini berasal dari pegunungan dan Sungai Tamasapi. Kesegaran saat berada di bawah derasnya, bikin pikiran dan mood kembali terang.

Untuk sampai ke lokasi ini bisa ditempuh dengan roda dua dan empat menuju Dusun Tamasapi, Desa Mamunyu, Kecamatan Mamuju. 

Kita juga akan ditantang dengan alam. Sebelum sampai di lokasi air terjun, kita diharuskan berjalan kaki sekitar setengah kilo, namun bisa juga ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua.


Bukit Jati Gentungan

 5.  Bukit Jati Gentungan

Salah satu obyek wisata menarik yang ada di Mamuju, Sulawesi Barat yaitu Bukit Jati Gentungan. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata alam yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama saat waktu libur tiba. Obyek wisata Bukit Jati Gentungan sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga. 

Terletak di Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju dan berjaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Mamuju dan dua kilometer dari Bandara Tampa Padang.

Bukit Jati Gentungan mempunyai wilayah sekitar empat hektar yang dikelola oleh UPTD Wisata Gentungan dan mulai beroperasi di tahun 2008. Bukit Jati Gentungan merupakan wisata alam dengan pemandangan yang indah. 

Udaranya pun masih segar sehingga sangat cocok untuk liburan rekreatif, edukatif dan olahraga. Obyek wisata ini dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti kolam renang besar, lapangan bulutangkis, karaoke, lapangan futsal, dll. 

Kolam renangnya outdor dan semi waterboom. Serunya, sembari berenang Anda bisa menikmati panorama perbukitan yang asri. 

Selain itu, di sini juga disediakan kolam ikan yang cukup luas untuk memancing. Ada pula sungai dengan air yang cukup jernih.

Untuk fasilitas penunjang wisata lainnya tidak perlu dikhawatirkan karena pemerintah memang sengaja membangun Bukit Jati Gentungan sebagai obyek wisata yang diharapkan mampu untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor wisata, sehingga berbagai fasilitas bisa ada di sana mulai dari vila hingga cottage bisa anda temukan serta berbagai tempat makan juga tersedia. 

Biasanya Bukit Jati Gentungan menjadi favorit para wisatawan untuk berkumpul bersama keluarga. Jadi tak ada salahnya untuk mampir ke sini saat Anda berada di Mamuju.

Bukit Jati Gentungan, letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Mamuju yaitu sekitar 20 kilometer menjadikan tempat ini mudah untuk dikunjungi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa untuk menuju ke tempat ini. Waktu perjalanan yang akan Anda tempuh sekitar 40 menit sampai satu jam.


Pantai Lombang-lombang

 6. Pantai Lombang-lombang

Pantai Lombang-lombang terletak di wilayah Kelurahaan Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, sekitar 30 km dari Kota Mamuju.

Pantai Lombang-lombang merupakan salah satu pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa. Obyek wisata Sulawesi ini merupakan obyek wisata favorit di Kota Mamuju, sehingga hal ini mendorong Pemerintah setempat dan warga sekitar untuk turut andil dalam mengelola Pantai Lombang-lombang dengan baik. 

Pantai yang terlihat masih alami ini sangat cocok anda pergunakan untuk santai dan menghilangkan rasa penat. Suasana alami yang terdapat pada pantai ini mungkin tidak akan anda temukan di pantai Sulawesi lainnya. 

Pantai Lombang-Lombang memiliki pasir hitam yang sangat halus yang membentang kurang lebih 5 km jauhnya. Perlu anda ketahui juga bahwa selain memiliki pasir hitam yang sangat halus, Pantai Lombang-Lombang ini juga memberikan ruang gerak bagi para pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas apapun di pantai ini, seperti bermain pasir, bermain voli atau sepakbola, atau sekedar duduk-duduk santai. 

Lokasi Pantai Lombang-lombang yang bersih dan ombaknya yang tak begitu besar membuat pantai ini juga cocok untuk mereka yang menyukai olahraga renang maupun menyelam. Namun, bagi yang belum mahir berenang tetapi tetap ingin bermain air, anda dapat memanfaatkan persewaan ban pelampung yang banyak disediakan di pantai ini.

Di sekitar lokasi pantai ini, sudah disediakan tempat penyewaan pelampung yang terbuat dari ban dengan harga sewa kurang lebih Rp 5.000/buah. 

Selain terdapat persewaan pelampung, di pantai ini juga sudah disediakan persewaan balai yang terbuat dari bahan bambu. Balai yang terbuat dari bambu ini bisa anda pergunakan untuk beristirahat, atau bisa juga anda pergunakan untuk menaruh barang-barang bawaan anda. Harga sewa sebuah balai bambu ini sebesar Rp 25.000.

Setelah lelah melakukan serangkaian kegiatan di pantai, anda dapat beristirahat dan bersantai sembari menikmati angin yang sepoi-sepoi dan suara demburan ombak yang sahut-sahutan di Gazebo yang berjajar rapi di pinggir pantai. 

Gazebo disini sengaja dibangun di pinggir pantai secara berjajar yang menghadap ke laut lepas agar para pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, juga dapat menyaksikan pesona pesisir barat Pulau Sulawesi.

Untuk menuju lokasi obyek wisata ini, anda dapat memulainya dari Bandara Mamuju. Jika anda sudah berada di Bandara Mamuju, Sulawesi Barat, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang siap mengantarkan anda sampai ke tempat tujuan dengan selamat. 

Waktu yang diperlukan untuk menuju Pantai Lombang-Lombang ini adalah bila dari Bandara Mamuju sekitar 7 menit waktu perjalanan atau dari kota Mamuju jarak tempuh 30 menit atau setengah jam.

(Ani)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 5392005074882423295

Komentar Anda

  1. Wisata pulau tae manu' patut di pertimbangkan juga . Letaknya di belang belang

    ReplyDelete

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item