Andi Ilham Siap Maju di Pilkada Mamuju 2020

Andi Ilham

Mamuju, FMS - Kontelasi politik jelang PilkadaMamuju 2020, sudah mulai terasa.

Beberapa figur yang disebut bakal maju pada kontestasi pesta demokrasi itu sudah mulai bermunculan dan telah ramai diperbincangkan.

Beberapa nama yang disebut bakal maju, diantaranya H. Habsi Wahid (Bupati Mamuju), Irwan Pababari (Wakil Bupati Mamuju), Siti Sutinah Suhardi (Kadis Perdagangan Mamuju).

Namun, kini kembali muncul figur baru yang juga disebut kuat bakal bertarung menjadi orang nomor satu di Bumi Manakarra.

Dia adalah Andi Ilham atau biasa disapa Anil.

Anil diprediksi juga masuk bursa bakal calon (Balon) Bupati Mamuju periode 2020-2025.

Anil, pun tak menampik isu tersebut.

Anil mengaku, dirinya memang bertekad maju di Pilkada Mamuju 2020 mendatang.

"Jika masyarakat Mamuju menginginkan saya maju di Pilkada Mamuju sebagai pelanjut perjuangan Andi Depu, saya siap untuk maju untuk memperbaiki Mamuju," ujarnya, Sabtu (8/6/2019).

Disinggung apakah bakal maju sebagai bupati atau wakil bupati (Wabup), dengam keyakinan Anil mengatakan akan maju sebagai Bupati.

Nanti dilihat, karena hasil survey tidak diragukan. Semua masih bisa berubah. Ini politik, semua bisa berubah setiap saat," kata Anil.

Anil mengaku telah mendapat dorongan moril dari para kerabat, sahabat dan keluarga besar untuk maju memimpin Kabupaten Mamuju.

Namun, disatu sisi, ia tetap mempertimbangkan animo masyarakat Mamuju terhadapnya.

Jika besar harapan masyarakat untuk mengamanahkan, maka ia siap untuk itu.

"Saya kira masyarakat rindu akan suasana (Mamuju) yang dulu, tahapan Pilkada masih lama," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Andi Ilham juga merupakan keturunan dari pahlawan Andi Depu.

Orang tua Andi Depu bernama Samaturu, keturunan langsung dari Andi Bambang Sukri Parenrengi Depu yang merupakan orang tua dari Andi Ilham.

Silsilah

Mungkin sebagian masyarakat Sulbar terkhusus mamuju lebih mengenal sosok Andi Depu yang merupakan satu satunya pahlawan nasional dari Sulawesi Barat, akan tetapi belum mengenal salah satu dari kedua orang tuanya, terutama ibunya yang berasal dari Bumi Manakarra Mamuju, dialah I Samaturu yang merupakan putri bangsawan dari Mamuju.

Kemaradikaan Mamuju yang juga merupakan saudara kandung salah satu tokoh bangsawan yang menentang perlawanan terhadap kolonial Belanda Dialah La'langi Parimuku sekaligus cucu kandung Maradika Mamuju dan Tapalang Daeng Samani To Mampelei Kasugikanna.

Ibu Samaturu bernama We Tanggar Iccina Payung Toniallung di Rimuku (saudara kandung Nae Syukur, Maradika Mamuju). 

Samaturu juga adalah saudara kandung dengan Karanene Maradika Mamuju, kemudian ayah Samaturu bernama Samani to Jaguang Maradia Tammerodo.

(Ahmad)

Related

MAMUJU 3541552170549475654

Post a Comment

emo-but-icon

BERITA Populer Minggu Ini

item