137 Bintara Sabhara Jalani Pembaretan, Seperti Apa Tradisi Itu


Mamuju, FMS - Pembaretan di lingkungan Polri sudah menjadi tradisi. Gunanya untuk memberikan kebanggaan kepada para Bintara remaja bahwa Satuan Sabhara adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap individu Polri.

Hari ini, Kamis (18/7/2019), 143 Bintara Sabhara Angkatan 43 menjalani pembaretan setelah mereka mengikuti masa orientasi atau pengenalan lingkungan kerja selama tiga bulan.

Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura, menjelaskan bahwa tradisi seperti ini adalah sebagai proses penerimaan Bintara baru yang dilakukan secara turun-temurun.

"Maknanya, agar saat bertugas dilapangan mereka dapat lebih menghargai seniornya (hierarki) yang setingkat lebih tinggi sekaligus untuk meningkatkan respek dan ketanggapan saat menerima perintah dari atas langsung," terang Mashura.

Tradisi pembaretan diawali dengan kegiatan long mars yang dipimpin langsung oleh Direktur Sabhara Kombes Pol Mohamad Syarif Harjosaputro.

Rute yang dilalui yakni star dari Polda Sulbar melewati Masjid Suada, lapangan Ahmad Kirang, RSUD Mamuju menuju Mamuju City (Sapota) serta berakhir di kali Mamuju.

"Di kali Mamuju ini, mereka akan melaksanakan upacara pembaretan," ujarnya.

Pelaksanaan pembaretan disertai dengan prosesi penyiraman bunga dan pemasangan baret.

"Dan diharapkan para bintara remaja mampu mengemban tugas sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat yang profesional. Jangan merusak citra Polri," tukasnya.

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 8194292771787426237

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item