Habsi Harap KIM Jadi Solusi Pemenuhan Informasi ke Masyarakat


Mamuju, FMS - Berkaca dari sejumlah data dan fakta yang memperlihatkan kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang terus bergerak maju, belum sejalan dengan sarana yang dapat memediasi informasi tersebut kepada masyarakat, utamanya yang ada di pelosok desa, Bupati Mamuju H. Hasbi Wahid mengharapkan agar Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dapat menjadi Solusi terhadap pemenuhan kebutuhan yang saat ini telah menjadi sangat vital tersebut.

Harapan itu disampaikan Habsi Wahid dalam lomba asah terampil KIM tingkat Kabupaten Mamuju yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Mamuju, Rabu, (31/7/2019).

"Saat ini datanya belum sampai 60 persen masyarakat kita yang tersentuh informasi, jadi KIM ini nanti yang harus dapat menjadi solusi terhadap penyebaran informasi ke masyarakat, utamanya sekaitan apa yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah daerah," kata Habsi.

"Seperti adanya video viral yang kemarin itu, saya sudah sampaikan sebenarnya ke mereka bahwa pembangunan jalan di wilayah tersebut sudah kita lakukan, dan itu akan bertahap membenahi semuanya, tapi karena informasinya mungkin tidak sampai ke masyarakat sebelumnya jadi seperti itu," sambung Habsi.

Habsi berharap dengan dibentuknya KIM disetiap kecamatan akan menjadi perpanjangan tangan dalam penyebarluasan informasi pembangunan daerah ke masyarakat, sekaligus menyampaikan fakta atas upaya yang telah dilakukan, maupun apa yang akan dilakukan serta apa saja yang belum sempat dilaksanakan oleh pemerintah daerah, sehingga masyarakat dapat mengetahui sekaligus mengawasi apa yang menjadi sasaran pembangunan daerah,

"Kita jangan seperti menjual kucing dalam karung, masyarakat dipaksa menerima sementara kita tidak menyampaikan informasi apa yang akan kita "jual" ke masyarakat, jadi salah satu solusinya melalui pemberdayaan masyarakat lewat KIM ini, mereka yang akan menyampaikan informasi itu kemasyarakat secara objektif," kata Habsi.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Mamuju Artis Efendy mengatakan dari 11 kecamatan yang ada di Mamuju, hampir seluruhnya masih sulit mengakses informasi melalui saluran informasi modern seperti telepon dan media konfensional, serta media berbasis jaringan internet, karena di semua wilayah bahkan di Kecamatan Mamuju masih terdapat Blank Spot yang belum dapat mengakses informasi.

Olehnya Dinas Kominfo dan Persaindian berinisiatif membentuk KIM sebagai saluran pemerataan desiminasi informasi hasil pembangunan daerah, saat ini terdapat 216 Kelompok Informasi Masyarakat yang dijalin sebagai KIM terbesar yang terbentuk di kabupaten/kota.

Dari Lomba asah terampil yang dilaksanakan, KIM pemuda kreatif Kecamatan Tapalang akhirnya berhasil keluar sebagai juara pertama, disusul KIM Solid dari Kecamatan Tommo meraih posisi kedua, dan peringkat ketiga berhasil ditempati KIM Kelurahan Binanga Kecamatan Mamuju.

Harapan satu, dua dan tiga masing-masing diraih oleh KIM Pokkang Kecamatan Kalukku, KIM Bunde Berkarya Kecamatan Sampaga serta KIM Desa Sumare Kecamatan Simboro.

(Wati)

Related

MAMUJU 1633055442011850387

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini