Peringati Hari Hepatitis Sedunia, Mahasiswa Poltekkes Mamuju Beri Penyuluhan Kesehatan


Mamuju, FMS - Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day) yang diperingati setiap tanggal 28 Juli, bertepatan dengan hari lahirnya penemu virus hepatitis Baruch Samuel Blumberg. Hepatitis itu sendiri lazimnya merupakan peradangan pada hati yang bukan hanya disebabkan oleh virus, namun adanya perilaku individu yang tidak sehat.

Hari Hepatitis Sedunia mengambil tema "Eliminasi Hepatitis, Selamatkan Generasi Penerus Bangsa".

Dari data menunjukkan bahwa kasus penularan hepatitis cenderung dapat terjadi secara vertikal (penularan ibu ke anak mencapai 90-95 persen), sisanya melalui penularan lain seperti transfusi darah, kontak dengan darah/lendir melalui hubungan seksual yang tidak aman, dan penggunaan jarum yang tidak aman dan berisiko.

Pentingnya informasi tentang bahaya penyakit tersebut, Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Mamuju bersama organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ-Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Kesehatan Lingkungan serta Organisasi PIK-R) melakukan rangkaian kegiatan sehari terkait Peringatan Hari Hepatitis ini, seperti penyuluhan kesehatan yang dilakukan beberapa rumah tangga di wilayah Desa Tadui.

Selanjutnya berpusat di Anjungan Pantai Manakarra. Nampak para mahasiswa tersebut membentangkan spanduk sembari membagikan leaflet yang berisikan informasi bahaya penyakit hepatitis, bagaimana penularannya dan termasuk upaya pencegahannya kepada setiap masyarakat yang melewati sepanjang jalan pinggiran Pantai Manakarra.

Anjas, salah seorang mahasiswa yang terlibat didalam kegiatan tersebut, menyebutkan, sesuai petunjuk Dosen agar senantiasa mengaplikasikan keilmuan kami untuk dapat memberikan informasi kesehatan, baik yang ditujukan kepada individu, keluarga masyarakat dan termasuk pada kelompok sasaran.

"Saya rasa inilah salah satu moment yang tepat untuk saling berbagi informasi," kata Anjas. Minggu (28/7/2019).


Sementara Ketua Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Poltekkes Mamuju, Marwan mengatakan, sudah saatnya mahasiswa harus mampu bersinergitas dengan pihak diluar kampus, termasuk kegiatan yang dilaksanakan hari ini, karena dengan melalui kegiatan ini mereka dapat menginformasi banyak hal terkait kesehatan ditengah masyarakat dan tidak hanya berhenti sampai disini, kedepannya ini akan menjadi kegiatan rutin bagi organisasi.

"Sudah saatnya kita harus bersinergi dengan pihak lain agar kita dapat menginformasikan tentang kesehatan ditengah masyarakat. Tentunya kita tidak akan berhenti sampai disini saja. Saya harap kedepannya kita bisa laksanakan secara rutin," kunci Marwan.

Publisher : Andi Nasir

Related

MAMUJU 2729361903593558952

Post a Comment

emo-but-icon

BERITA Populer Minggu Ini

item