Tengok Mereka, Demi Menuntut Ilmu Walau Penuh Rintangan Tak Ada Kata Keluh


Mamuju, FMS - Nama desa itu adalah Desa Siraun, terletak di Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Desa yang begitu asri, damai dan sejuk. Pemandangan di desa itu sangat menyentuh kalbu. Tak ada polusi udara.  Desa yang sangat jauh dari kemewahan.

Di desa inilah, puluhan anak-anak menimbah ilmu. Satu sekolah menjadi tumpuan mereka usai naik jenjang dari SD. Ya, di SMP 6 Kalumpang tempatnya. Atapnya masih menggunakan rumbiak, dindingnya terbuat dari kayu yang telah termakan usia.



Di sekolah itu, terlihat jauh dari kata layak disebut sebuah sekolah. 

Demi menimba ilmu, anak-anak di desa itu harus melewati jalur yang penuh dengan rintangan dan jembatan gantung yang sangat berbahaya bahkan menantang nyawa. Tapi dengan semangat yang besar dan membara, mereka anggap hal itu biasa demi menuntut ilmu.



"Saya pernah ikut acara perengkingan dan kenaikan kelas di sekolah ini, sempat terharu dengan pidato dari salah satu gurunya, beliau mengatakan sering merasa ingin mundur dari pekerjaanya tapi ketika tiba di sekolah melihat kegirangan dan semangat dari murid-muridnya yang begitu luar biasa, urungan untuk mundur lenyap. Itulah yang membuat saya terharu dan menumbukan semangat baru, bahkan gedung kita yang darurat tapi tidak membuat semangat kalian darurat," kata Shyprha Irha disadur dari laman facebook Mewangi lmr.



Walaupun kondisi medan dan sekolah yang jauh dari fasilitas lengkap, semangat anak-anak menempuh pendidikan tak pernah surut. Tak ada di seuntaian baitnya yang terbesit kata keluhan. Baginya, pendidikan adalah yang utama untuk meraih masa depan yang cemerlang.



"Semoga cita-cita kalian tercapai,".



(Redaksi)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 4072753773270610892

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item