Warga Apresiasi Pembangunan Manakarra Tower Sebagai Icon Mamuju


Mamuju, FMS - Konsen terhadap pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), serta berupaya membangun perwajahan ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat agar lebih menarik, Pemerintah Daerah kabupaten Mamuju telah menyiapkan salah satu icon baru yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Mamuju.

Dengan alokasi dana bertahap yang dikondisikan pada kemampuan keuangan daerah, tahun ini akan dimulai pembangunan ruang publik yang merupakan bagian dari landmark Mamuju dengan bentuk tower dengan ketinggian 70 meter diatas permukaan laut.

Bangunan yang digadang-gadang akan menjadi salah satu destinasi yang iconic karena didalamnya akan memuat berbagai fasilitas kekinian, mulai dari kolam dan air mancur warna-warni, food corner  atau tempat berwisata kuliner sekaligus ruang usaha pelaku ekonomi, hingga fasilitas olah raga jogging, maupun panggung pementasan seni.

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Awaluddin Latief mengatakan, rencana aktualisasi pembangunan ruang publik yang untuk sementara disebut Manakarra Tower akan dimulai tahun ini, dan telah memasuki tahap perampungan dokumen fisik sembari menunggu respon dari DPRD soal metode penganggarannya.

Disebutkan, bangunan yang akan didirikan di area kantor DPRD lama akan semakin indah dengan tambahan ornament jembatan hias yang menghubungkannya dengan rumah adat Mamuju.

"Nanti pasti akan sangat cantik dan menjadi tempat rekreasi keluarga yang tidak kalah dibandingkan yang ada di kota besar lainnya," kata Awal.

Terpisah, Bupati Mamuju H. Habsi Wahid menjelaskan, pembangunan Manakarra Tower adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam melakukan stimulasi percepatan pembangunan daerah, karena selain akan menjadi wahana kunjungan masyarakat lokal, bangunan yang diperkirakan melebihi tinggi Grand Maleo Hotel yang berada didekatnya, juga akan menjadi perhatian wisatawan domestik yang datang dari luar daerah.

Hal tersebut tentu akan mendorong kegiatan ekonomi semakin berakselerasi.

"Hal itu tentu akan mendorong gairah perekonomian kita akan semakin meningkat. Insya Allah kalau sudah jadi kita akan bangga menjadi orang Mamuju karena daerah kita akan lebih dikenal luas dengan icon baru Manakarra Tower, jadi doakan agar pembangunannya tidak menemui hambatan," jelas Habsi.

Sementara itu, salah seorang warga Mamuju, Kahar, sangat mengapresiasi atas rencana tersebut.

Menurutnya, langkah pemerintah membangun ruang publik perlu mendapat dukungan, sebab tanpa lompatan-lompatan berani wajah daerah ini tidak akan ada perkembangan.

"Kalau tidak melanggar dan adaji uangnya lebih bagus kalau dibangun supaya ada dilihat lagi nanti," katanya.

(Ani)

Related

MAMUJU 6931581289184862188

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini