5 Tenaga Pendidik Asal Mamuju Ikuti Kompetensi Nasional


Mamuju, FMS - Lima tenaga pendidik asal Kabupaten Mamuju yang berhasil meraih predikat terbaik dalam pemilihan Pengawas, guru dan kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi Sulawesi Barat tahun 2019, dipastikan telah siap mengikuti kompetisi di tingkat Nasional.

Kelimanya secara resmi dilepas oleh Bupati Mamuju H. Habsi Wahid di ruang kerjanya, Rabu, (7/8/2019).

Pelepasan yang dilangsungkan dengan nuansa kekeluargaan yang diselingi diskusi ringan dengan para juara dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Mamuju Hj.Murniani tersebut, juga dihadiri oleh lima orang tenaga pengajar lainnya yang berhasil meraih juara kedua dalam ajang yang sama.

Mencuat dalam diskusi yang awalnya di utarakan oleh Hilman, S.Pd, M.Pd Guru SMP Papalang bahwa sesungguhnya kualitas SDM tenaga pendidik di Kabupaten Mamuju sangat kompetitif dan mampu bersaing dengan tenaga seprofesi di daerah lain, hal ini terbukti dari pencapaian Mamuju dalam pemilihan Pengawas, Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2019, dimana lima orang berhasil meraih juara pertama dan lima orang dengan nilai yang nyaris sama menempati posisi kedua.

"Ini membuktikan SDM kita juga bisa diandalkan," ungkapnya.

Masih oleh Hilman, Meski dalam ujian nasional di Mamuju nilai kelulusan masih rendah, namun bukan berarti  mutu pendidikan di daerah ini kurang, karena sesungguhnya hal ini di pengaruhi proses yang dilakukan telah menerapkan ujian berbasis komputer (UNBK)  dengan mengedepanan kejujuran dengan hasil indeks kejujurannya mencapai 99%.

"Ini telah baik tinggal bagaimana benar-benar mempersiapkan anak didik kita untuk menghadapi ujian berbasis komputer karena harus diakui bahwa mereka tidak semuanya telah mengenal baik cara mengoperasikan komputer, sementara masih ada daerah lain yang menggunakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP), dan secara umum daerah yang melaksanakan UNBK memang tingkat kelulusannya terbilang rendah dari pada yang menggunakan UNKP," kata dia.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid sangat mengapresiasi atas pencapaian sejumlah tenaga pendidik di Mamuju, ia menilai dengan keberadaan kepala sekolah, guru maupun pengawas yang memiliki SDM diatas rata-rata tentu akan menjadi salah satu indikator meningkatnya kualitas pendidikan di Mamuju. 

"Kalau tenaga pendidiknya sudah mampu memperlihatkan prestasi seperti ini tentu ini adalah indikasi bahwa pendidikan kita masih terus membaik ditengah keterbatasan yang kita miliki," kata Habsi.

Namun demikian kita tidak boleh terlena, OPD terkait harus dapat terus berbenah salah satunya dengan membenahi  program pengembangan SDM, baik guru, pengawas, kepala sekolah maupun para anak didik, agar kualitas pendidikan kita nantinya dapat terus meningkat yang ditandai juga dengan hasil UNBK yang tidak hanya sebatas dilakukan dengan jujur namun telah berprestasi.tuturnya.

Berikut kelima tenaga pendidik yang akan ikut ke tingkat Nasional Abdul Razak,S.Pd (Pengawa SD), Irwan, S.Pd, M.Pd (Pengawas SMP), Jufri, S.Pd ( Guru SD Panamba), Hilman, S.Pd, M.Pd (Guru SMP Papalang) dan Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Kalumpang Monalisa,S.Pd, M.Pd. 

(Wati)

Related

MAMUJU 5347480627324708400

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini