Ini yang Dilakukan Sufyan Ilbas untuk Tingkatkan Pengetahuan Keprotokoleran dan MC


Kasubag Protokoler Sekretariat Pemkab Majene Sufyan Ilbas tengah membawa acara dalam Tomalolo To Makappa di Stadion Prasamya Mandar Majene. foto: Humas Pemkab Majene


Majene, FMS -- Dinilai banyak jajaran di lingkup pemerintahan Kabupaten Majene minim pengetahuan tentang keprotokoleran dan master of ceremony (MC) atau presenter, Kasubag Protokoler Sekretariat Pemkab Majene Sufyan Ilbas berniat mengadakan pelatihan.

Pelatihan yang dijadwalkan pada Kamis tanggal 8 hingga Jum'at 9 Agustus 2019 akan melibatkan sedikitnya 50 orang itu akan dilatih oleh Firmansyah Rasyid (Kepala Sub Bagian Acara Protokol Kemendagri, Dr Azis Nojeng (Dosen Unismuh Universitas Muhammadiah) yang juga sebagai presenter TV dan penyiar radio serta moderator Sufyan Ilbas (Kasubag Protokoler Sekretariat Pemkab Majene).

Sufyan Ilbas, Selasa (6/8/2019) mengaku, sumber daya presenter di Majene sangat kurang, sehingga dibutuhkan pelatihan tersendiri.

Dicontohkan presenter hiburan berbeda dengan MC pada acara formal.

"Beda Protokol dengan MC. MC bukan hanya membaca susunan acara tapi dia harus mampu mengeksplore acara semenarik mungkin, sehingga undangan atau hadirin tidak bosan," katanya.

Protokoler kata dia, berkembang sesuai karakter pemimpin. Setiap zaman atau peralihan pimpinan tentu memiliki ciri tersendiri.

"Saat ini sudah banyak yang minat soal keprotokoleran termasuk desa karena disana juga perlu menata tamu desa dari jajaran pejabat kecamatan hingga pejabat daerah," katanya.

Lanjut dikatakan, dengan mendatangkan pakar dari Kemendagri akan menghasilkan output yang bagus.

"Mereka sudah terlatih mendampingi presiden sehingga tentu mereka sangat paham bagaimana menjadi protokol yang baik," kata Sufyan.

"Pemateri sudah biasa memberikan materi dalam Lemhanas, sedangkan presenter Azis sudah melanglang-buana di Makassar. MC nya sudah mumpuni dan tak diragukan lagi," imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan, nanti peserta yang direkrut dari semua OPD dan kecamatan akan dilibatkan pada even berskala besar di kabupaten.

Mereka juga akan diberikan piagam dengan PIN Protokol sebut Sufyan dan Ia menambahkan salah satu hasil kerja protokoler yang sangat dirasakan pimpinan OPD terutama media karena diuploadnya jadwal dan agenda pimpinan setiap hari.

"Semua kegiatan pimpinan daerah dapat secara luas diakses oleh media. Ini salah satu wujud transparansi dalam pemerintahan," katanya.

Dia berharap semoga adanya kegiatan ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang protokoler dan MC.

"Karena banyaknya yang antusias ingin ikut dalam pelatihan, maka kita akan agendakan kembali pada tahun 2020 mendatang," pungkasnya.

(akbar)

BERITA LAINNYA

MAJENE 5044888905020199111

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item