Ombudsman Minta Bupati Polman Perhatikan Jalan di Desa Patambanua


Seorang warga di tandu untuk mendapatkan akses kesehatan

Polman, FMS - Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat, menyayangkan kasus pasien ditandu yang terjadi di Dusun Bombang, Desa Patambanua Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Setelah mengetahui kejadian itu, Koordinator Tim PVL Ombudsman RI Sulbar, Sekarwuni Manfaati, langsung melakukan reaksi cepat berkordinasi dengan sejumlah pihak terkait, Selasa (20/08/2019).

Sekarwuni Manfaati menjelaskan, kejadian ini bermula ketika ada salah seorang warga yang sakit dan harus dirujuk ke Puskesmas, namun akses jalan menuju Dusun Bombang  tidak bisa dilalui kendaraan roda empat sehingga pasien ditandu keluar sampai ke ujung jalan tempat armada ambulance menunggu.

"Sebenarnya sudah ada fasilitas kesehatan seperti Puskesmas di Kecamatan Bulo, Pustu di Desa Patambanua dan Bidan Desa, hanya saja akses jalan yang menghubungkan antara dusun khususnya di dusun Bombang ini belum  memadai," Jelas Sekarwuni.

Terkait kejadian itu, Tim Ombudsman meminta Kepala Desa Patambanua memperhatikan kondisi pelayanan publik di daerahnya, utamanya perbaikan infrastruktur jalan.

"Dalam waktu dekat kami akan berkunjung ke Desa Patambanua untuk melihat lebih dekat kondisi pelayanan dasar yang ada disana," kata Sekarwuni.

Secara kelembagaan juga Ombudsman RI Sulawesi Barat meminta Bupati Polewali Mandar H. Andi Ibrahim Masdar memberikan perhatian atas kondisi ini, sebab beberapa pengakuan warga kejadian bukan yang pertama tapi sudah berulangkali terjadi.

Terkait munculnya kejadian pasien ditandu melalui postingan salah seorang netizen di media sosial. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Barat Lukman Umar, menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang senantiasa ikut mengawal dan mengawasi pelayanan Publik.

"Perbaikan pelayanan publik membutuhkan peran serta semua pihak, utamanya pengguna layanan publik sebab kami sadari betul, mata dan telinga sangat terbatas  sehingga senantiasa mengharap keterlibatan semua pihak," ungkap Lukman.

(Jaya)

Related

POLMAN 8953107073494572016

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini