Posyandu di Mamuju Wakili Sulbar Ditingkat Nasional



Mamuju, FMS - Adalah Posyandu Matahari 1 Desa Sampaga, Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju yang telah berhasil menjuarai lomba posyandu tingkat provinsi tahun 2019 yang akhirnya dipastikan akan mewakili Sulawesi Barat, pada ajang yang sama ditingkat nasional pada tahun 2020.

Posyandu Matahari 1 berhasil mengungguli Posyandu Padi Unggul dari Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan Posyandu Berlian Desa Karya Bersama Kabupaten Pasang Kayu, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid sangat mengapresiasi atas prestasi tersebut, ia mengatakan, raihan Posyandu Matahari 1 Kecamatan Sampaga adalah salah satu bukti komitmen pemerintah daerah dalam memperhatikan pengembangan anak dari usia dini bahkan pada fase 1000 hari pertama kelahiran yang menjadi salah satu fokus intervensi di posyandu.

Ia juga sekaligus menampik adanya opini menurunnya perhatian dalam pengembangan posyandu.

"Saya kira penghargaan sebagai yang terbaik di Sulbar menandakan posyandu kita justru semakin baik dan wadah pengembangan dan pelayanan anak yang teritegrasi sebagaimana format SIOLA juga terus dikembangkan oleh semua stakeholder terkait, utamanya di kecamatan-kecamatan dan desa, bahkan telah membuahkan hasil mewakili Sulbar di kancah nasional, ini tentu tidak mudah," kata Habsi.

Terpisah, secara teknis Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Abd Rahim Mustafa, mengurai, terpilihnya Posyandu Matahari 1 dari Mamuju adalah hasil penilaian objektif dari tim penilai ditingkat provinsi, salah satu barometernya adalah keaktifan para kader Posyandu dan guru-guru PAUD serta adanya inovasi model terintegrasi antar beberapa layanan dasar pada satu atap yang lebih dikenal dengan sebutan Siola di Mamuju. 

Selain itu juga lebih dipertajam dari adanya intervensi bersama dari pemerintah desa melalui alokasi dana desa dalam rangka penguatan layanan anak di posyandu dengan memberikan insentif kepada guru PAUD maupun para kader posyandu, sehingga terlihat jelas adanya regulasi yang mendukung kinerja PAUD atau SIOLA yang saling terintegrasi.

(Wati)

Related

MAMUJU 4709275860551554478

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini