Meski Pimpinan Defenitif Belum Dilantik, Alat Kelengkapan Dewan Sudah Dilengkapi


Mamasa, FMS - Rapat bersama antara pimpinan seluruh fraksi dan ketua sementara DPRD Mamasa dengan agenda penentuan kuota tiap fraksi untuk mengisi alat kelengkapan dewan yang terdiri dari komisi-komisi, badan anggaran (Banggar), badan musyawarah (Bamus), badan pembuat peraturan daerah (Bapemperda), dan badan kehormatan (BK) dewan dilaksanakan Selasa, (17/9) pada pukul 12.16 Wita.

Agenda tersebut telah molor dari jadwal semula yang diagendakan pada pukul 10.00  Wita.

Usai rapat, ketua sementara DPRD Mamasa Orsan Soleman yang dimintai keterangan terkait agenda tersebut menuturkan bahwa periode-periode sebelumnya penentuan kuota alat kelengkapan dewan selalu berlangsung alot sehingga mengganggu jalannya tugas kelengkapan dewan itu sendiri.

"Harusnya alat kelengkapan dewan sudah bekerja, namun karena masih membahas kuota setiap fraksi untuk mengisi alat kelengkapan tersebut sehingga agenda menjadi terganggu," tuturnya.

Ia menjelaskan menyiasati itu, anggota dewan periode kali ini akan membahas penentuan kuota setiap fraksi untuk 5 tahun, sehinggga tidak ada lagi pembahasan setiap tahunnya berapa kuota masing-masing fraksi. "Tentunya penentuan jumlah kuota sesuai tata tertib dewan mempertimbangkan proporsionalitas dengan hitungan matematis," jelasnya.

Untuk nama-nama yang akan mengisi alat kelengkapan dewan tersebut, Ia lanjut menjelaskan diserahkan ke fraksi masing-masing untuk menentukan.

"Kita beri waktu sampai besok (Rabu 18/9, red) untuk setiap fraksi memasukkan nama-nama berdasarkan jumlah kuota yang telah disepakati," lanjutnya.

Sementara itu ditanya soal agenda pelantikan pimpinan defenitif dewan yang seyogyanya dilaksanakan hari ini namun ternyata batal, Orsan menungkapkan masih ada sejumlah administrasi yang harus dilengkapi.

"Masih ada administrasi yang mau dilengkapi, sekretaris dewan saat ini ada dipolewali untuk mengurus itu, mudah-mudahan besok pelantikan sudah bisa dilaksanakan," ungkapnya mengakhiri wawancara. (klp)

Related

MAMASA 4611328698113949612

Post a Comment

emo-but-icon

BERITA Populer Minggu Ini

item