Selama Operasi 1.767 Kasus Pelanggar dan Lakalantas di Sulbar

Mamuju,FMS – Selama pelaksanaan Operasi Zebra dari tanggal 23 Oktober sampai 5 November 2019 kemarin, Polda Sulbar mencatat 1.767 data pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi.

Wadir Lantas Polda Sulbar, AKBP Yong Ferrydjon mengatakan meningkatnya angka pelanggaran dan lakalantas tersebut akibat kurangnya kesadaran para pengendara dalam menaati peraturan lalu lintas.

Pelanggaran dan lakalantas tahun ini mengalami peningkatan disebabkan bebeberapa faktor, yaitu kurangnya kesadaran hukum pada pemakai jalan untuk menaati peraturan lalu lintas.

"Ditambah lagi sarana dan prasarana jalan yang kurang memadai sedangkan jumlahpertumbuhan penduduk untuk di Sulbarsemakin meningkat,” kata Ferrydjon saatkonprensi pers di Aula Ditlantas PoldaSulbar, Kamis (07/11/19).

Ferrydjon juga mengatakan hal itu mengakibatkan terjadinya jumlah peningkatan pelanggaran dan lakalantas sebayak 500 kasus jika dibandingkan dengan Operasi Zebra tahun lalu.

“Jumlah itu meningkat 500 kasus jika dibandingkan dengan data tahun 2018 lalu sebanyak 1.267,” ujar Ferrydjon.

Lanjut Ferrydjon, khusus untuk kecelakaan lalu lintas mengalami lonjakan yang sangat signifikan pada Operasu Zebra kali ini, dimana terjadi peningkatan 18 kasus yang juga memakan korban jiwa dan kerugian materil.

“Sementara untuk data kecelakaan sebanyak 19 kasusu atau naik 18 kasus jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang hanya terdapat satu kasus saja. Pada data kecelakaan kali ini juga memakan korban jiwa, sebanyak 4 orang meninggal dunia, luka berat 4 orang, luka ringan 25 orang dan kerugian materil sebanyak Rp.35.100.000,” jelas Ferrydjon.

Menurut Ferrydjon untuk menekan angka pelanggaran dan lakalantas ini, pihaknya akan melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas secara rutin.

“Agar pelaksanaan Operasi Zebra kedepan lebih baik lagi, dalam penindakan tujuh prioritas pelanggaran lalu lintas yang dapat berpotensi penyebab lakalantas, maka akan ditindak lanjuti dengan kegiatan rutin sehingga dapat mengurangi kejadian laka lantas di wilayah Polda Sulbar,” tutup Ferrydjon.(Awal).

Related

MAMUJU 6181372920200736881

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini