ODGJ Tapalang Akhirnya Dirujuk ke Rumah Sakit Dadi Makassar

Mamuju, FMS - Iskandar (40) lelaki paru baya yang mengalami gangguan jiwa atau orang dalam gangguan jiwa ( ODGJ) di tinggal dipinggir ruas jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa  Dadi Makassar.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial  di Dinas Sosial Mamuju , Mohtar Aly mengatakan,  ODGJ yang ada di Desa Takandeang tersebut telah dirujuk ke rumah sakit Dadi Makassar.

“ Minggu malam (9/2/2020) kami sudah rujuk ke Makassar,” ujarnya.

Dikatakan Iskandar  rujuk dengan  menggunakan mobil Ambulance milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju, setelah ada informasi dari rumah sakit di Makassar untuk siap menanganinya.

Ia mengaku kendala selama sehingga tak dibawah ke rumah sakit karena pihak keluarganya tak merespon. Padahal pemerintah siap menanggung semua biaya selama di rumah sakit nantinya.

Setelah dilakukan pendekatan kepada kakanya yakni,  Andi Tajrin yang tinggal di Desa Bambu Kabupaten Mamuju. Akhirnya menyetujui dan bersedia agar adiknya tersebut dibawah ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan.

“Jadi semua kelengkapan administrasi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu kesehatan BPJS kita buatkan semua,” terangnya.

Kepala Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) di kantor Kementerian Hukum dan HAM Sulbar, Munir berharap Makassar berharap  semoga dengan dirawatnya di rumah sakit jiwa, Iskandar  bisa sehat kembali lagi,  dan kembali  di tengah- tengah masyarakat.
“Itu harapan Kami dari kantor  wilayah,”harapnya.
Selain itu ia juga berharap kepada  pemerintah daerah untuk mendampingi termaksud mencarikan lapangan pekerjaan nantinya.

Sekedar diketahui Iskandar sudah sekitar 2 tahun menempati gubuk ukuran 2x1 meter. Disitu ia tinggal dengan kondisi sangat memprihatinkan yang tanpa alat penerang. Jika hujan ia kehujanan begitu pula saat panas.  Untuk soal makanan,  ia hanya berharap  belas kasihan dari warga setempat. Tak jarang pula,  orang yang melintas yang merasa ibah  memberikan makanan dan minuman.(Awal).

Related

MAMUJU 3625959802912299807

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini