98 ODP Corona di Sulbar, Terbanyak di Mateng

MAMUJU, FMS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Barat merilis data terkini situasi virus Corona (COVID-19). Dari data tersebut, sebanyak 98 warga dinyatakan berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona.

ODP terbanyak berada di Kabupaten Mamuju Tengah dengan 35 orang menyusul Kabupaten Polewali Mandar dengan 24 orang. Selanjutnya Mamasa dengan 21 orang, Majene 14 orang, Pasangkayu 3 orang, dan Mamuju 1 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat, Muhammad Alif, mengatakan data ODP tersebut diperoleh dari hasil pemantauan petugas kesehatan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan di masing-masing kabupaten.

"Data itu berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan petugas kesehatan di puskesmas dan dinas kesehatan kabupaten. Semakin banyak yang dipantau, artinya semakin intens teman-teman di lapangan bekerja," kata Alif, Jumat (20/3).

Menurutnya, pemantauan tersebut tidak hanya dilakukan terhadap orang yang sakit. Namun juga dilakukan kepada orang yang baru melakukan perjalanan dari luar negeri, termasuk umrah, dan luar daerah yang terjangkit virus Corona, seperti Bandung, Jakarta, Depok, dan Makassar.

"Semakin banyak yang dipantau semakin bagus," ujarnya.

Alif menambahkan, mereka yang berstatus ODP akan dicek setiap hari melalui telepon jangan sampai ada keluhan yang mengarah ke COVID-19.

"Selama dalam proses pemantauan, ODP menjalani isolasi di rumah. Jika ada gejala, maka segera dibawa ke fasilitas kesehatan yang ditunjuk sebagai rujukan," jelasnya.

Dikatakan setiap 14 hari hasil pemantauan yang dilakukan petugas kesehatan di puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten akan keluar.

"Semakin banyak yang dipantau lebih insten teman-teman di lapangan bekerja," cetusnya.(Awal).

Related

MAMUJU 4734896777788812599

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini