Bupati Beberkan Sejumlah Capaian di Ultah Mamasa ke 18

MAMASA, FMS - Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun ke-18 Kabupaten Mamasa yang jatuh pada tanggal 11 Maret 2020 dilaksanakan DPRD dan Pemerintah Daerah (Pemda) Mamasa dengan menggelar Rapat Paripurna Terbuka yang bertempat di Lapangan Sepak Bola Mamasa.

Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi dalam sambutannya mengungkapkan sejumlah capaian keberhasilan Pemda dalam 18 tahun usia Kabupaten Mamasa.

"Pemda telah melakukan pembangunan dibidang infrastruktur jalan sepanjang 33,64 kilometer, yakni jalan menuju Ibukota Kecamatan dan telah membangun ruas - ruas jalan untuk membuka isolasi wilayah, sehingga akses menuju Ibukota Kecamatan sudah dapat dijangkau kendaraan," ungkapnya.

Ia menuturkan untuk pembangunan sanitasi dan air minum, Pemda telah membangun Septic Tank sebanyak 188 unit, dengan sambungan ke rumah - rumah sebanyak 1.135, dan Septic Tank Individual 1.180 unit.

Begitu pula pembangunan air minum berupa Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang bersumber dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) telah diberikan kepada 54 desa.

"Jumlah sambungan rumah dari program tersebut sebanyak 22.459 unit dan juga dilakukan pembangunan fasilitas penjagaan sarana air bersih," lanjutnya.

Sementara itu, dibidang infrastruktur perumahan dan pemukiman telah memperbaiki rumah tidak layak huni bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah sebanyak 1.748 unit, pembangunan baru sebanyak 200 unit, dan satu unit Rumah Susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk menjamin masyarakat Mamasa dapat menikmati penerangan listrik serta menyelesaikan pembangunan infrastruktur jaringan listrik PLN dan Lirik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) ke seluruh kecamatan dan desa.

"Dalam dua tahun terakhir telah terlaksana penyambungan listrik ke rumah penduduk sebanyak 6.706 sambungan PLN dan 1.405 unit LTSHE, ini merupakan bagian dari hasil kerja keras pemerintah, untuk masyarakat Kabupaten Mamasa," jelasnya.

Sementara untuk memperlancar jaringan komunikasi di wilayah Mamasa, Pemda juga telah membangun tiga Tower Telpon Sellular (TTS) dan dalam waktu dekat akan dibangun lagi dua TTS yakni di Kecamatan Tabulahan dan di Desa Lambanan, Kecamatan Mamasa. Khusus untuk bidang pertanian, Ramlan fokus membangun infrastruktur pertanian dalam dua tahun terakhir berupa irigasi primer dan sekunder sepanjang 39.506 meter, serta irigasi tersier sepanjang 7.590 meter yang keseluruhannya dapat mengairi area seluas 3.019 hektar.

"Pemda juga telah dibangun Embung dan Damparit sebanyak 107 unit, irigasi perpipaan 26 unit, jalan tani sepanjang 66 kilometer, dan jalan produksi sepanjang 5,84 kilometer yang tersebar di 17 kecamatan," ucapnya.

Selain itu, Pemda Mamasa juga berupaya menggenjot pertanian dengan melakukan Pembangunan Rehabilitasi tujuh unit Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan penyediaan sepeda motor bagi para penyuluh sebanyak 25 unit kendaraan.

Dibidang Kesehatan, Ia menginformasikan telah melakukan rehabilitasi terhadap 13 Puskesmas, serta pengadaan obat dan alat kesehatan pada 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Mamasa. Selain itu, telah dilakukan akreditasi 16 puskesmas serta memperluas bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kondosapata serta melengkapinya dengan alat kesehatan.

Terkait informasi dan layanan publik,  Pemda telah mengupayakan peningkatan kualitas manejemen berbasis e-Goverment dengan didukung pelayanan publik. Meski demikian, Ramlan menuturkan masih akan fokus pada pembangunan infrastruktur jalan, bidang pendidikan, kesehatan, dan perekonomian, sebagai prioritas utama.

"Kedepan kita masih akan memprioritaskan infrastruktur jalan dan jabatan di sejumlah daerah yang menjadi tanggung jawab Pemda," tuturnya. Ia menambahkan telah melakukan penanaman modal dalam negeri pada tahun 2018 sebesar 21 persen dengan total nilai investasi sebesar 25 miliar rupiah dan di tahun 2019 ditingkatkan menjadi Rp32 miliar.(Kedi)

Related

MAMASA 5202237243546234075

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini