Musrenbang Finis di Kecamatan Tobadak

Bupati Mateng Aras Tammauni menandatangani berita acara, disaksikan Kepala Bapeda Ishak Yunus, Ketua DPRD Arsal Aras, Wabup Amin Jasa dan Sekkab Akary Anwar. 

MATENG, FMS -- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dimulai dari Kecamatan Budong-Budong Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), berakhir dengan sukses di Kecamatan Tobadak.

Penjaringan aspirasi yang membuahkan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) itu, dikemas dari desa menuju kecamatan hingga kabupaten dan provinsi. Musrenbang-RKPD TA 2021 kini lebih fokus pada penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan desa, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah diwilayah kecamatan.

"Ada tiga prioritas utama sebagai bahan kita untuk menyusun RPJMD. Yakni penguatan kapasitas penanganan gangguan keamanan, ketertiban dan konflik sosial. Penguatan ketahanan pangan daerah, penataan ruang dan pengelolaan lingkungan," kata Bupati Mateng Aras Tammauni dalam paparan sambutannya di halaman Kantor Camat Tobadak, Rabu (11/3/2020).

Musrenbang kali ini diharapkan menghasilkan daftar usulan program kegiatan prioritas, serta menjawab permasalahan pembangunan ditengah masyarakat.

Bupati Mateng Aras Tammauni 

Disela sambutannya, bupati mengajak seluruh warganya agar tetap menjaga stabilitas keamanan, dan ketertiban dalam menyambut, serta menghadapi Pilkada serentak 2020 yang juga akan berlangsung di Bumi Lalla Tassisara.

"Apalagi Mamuju Tengah ini terdiri dari berbagai suku, agama, etnis dan ras," kata Aras.

Mantan ketua DPRD Sulbar itu, juga menitip pesan pada kepala desa di Mateng, berhati-hatilan menggunakan anggaran dana desa agar terhindar dari jeratan hukum.

Ditempat sama, Kepala Bappeda Ishaq Yunus mengatakan, Musrenbang kali adalah yang terakhir atau kelima untuk periode RPJMD 2016-2021.

"Nah, kalau kita berbicara tangga capaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati, maka ini adalah tangga tekhir untuk mencapai puncak visi dan misi Bupati," ucap Ishaq dalam sambutannya.

Musrenbang ini sangat strategis dalam pencapaian untuk mewujudkan visi dan misi Bupati, sehingga seluruh kekuatan dan potensi yang miliki, seluruhnya harus dikeluarkan, karena sebagai tahun akhir mencapai puncak.

Ishak Yunus

"Kita berharap bahwa usulannya itu betul-betul prioritas yang dibutuhkan oleh masyarakat yang bisa menjawab permasalahan yang ada di masyarakat," tegas Ishak

Tidak berbeda wilayah lain, Kecamatan Tobadak juga memiliki usulan yang menjadi skala prioritas. Yakni pengecoran jalan penghubung antar desa, pembangunan talud parit bahu jalan poros kecamatan dan pengadaan kendaraan dinas camat.

Musrenbang dihadiri Wakil Bupati Muh Amin Jasa, Sekkab Askary Anwar, Ketua DPRD Mateng Arsal Aras dan sejumlah legislator. Hadir pula para asisten, pimpinan OPD, Pabung Mateng Kodim 1418 Mamuju, Danramil Budong-budong, Kapolsek Tobadak, Camat Tobadak, Kepala Desa dan BPD Se Kecamatan Tobadak. (jml/riz)

Related

MATENG 4611147401844804227

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini