Kepala BPOM Mamuju Sabun Sebagai Alternatif Bunuh Virus Ditengah Kelangkaan Hand Sanitizer

MAMUJU, FMS - Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan  (BPOM) Mamuju, Sulawesi Barat,  Netty Nurmuliawati mengatakan sabun sebagai alternatip pengganti hand sanitizer ditengah kelangkaan semenjak merebaknya virus corona.

 Menurutnya hand sanitizer itu digunakan  saat orang  sedang bepergian jauh karena susah mendapatkan  air.

“Jika hanya berada dirumah cukup menggunakan sabun saat mencuci tangan dengan air mengalir untuk membunuh virus sebagai pengganti hand sanitizer,”ujarnya melalui sambungan telpon, Selasa (24/3/2020).

“Sabun apa saja, mau sabun mandi maupun sabun deterjen yang penting sabun,” sambungnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat  agar tidak terlalu panik menyikapi adanya virus corona. Namun ia menyarankan agar tetap waspada dengan cara  menahan diri sementara waktu untuk tidak keluar rumah  jika tidak terlalu penting. Serta berkumpul ditempat keramaian.

Menurutnya langka tersebut  sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai virus corona atau Covid-19 yang saat ini menjadi perhatian seluruh dunia khusunya di Indonesia.

Selain itu, ia juga mengimbau agar mengkomsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Juga  rajin mengkomsumsi  sayuran  seperti labu, daun kelor  dan lombok.  Serta membiasakan pola hidup sehat dengan cara mencuci tangan  menggunakan  sabun sebelum makan dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Sering-seringlah cuci tangan kalau bisa satu jam cuci tangan lagi, apalagi kalau sudah habis pegang handle pintu, pegang uang dan jangan menyentuh  makanan sebelum cuci tangan. Juga tidak menumpuk pakaian kotor kalau bisa habis dari luar pakaian langsung dicuci jangan digantung. Serta rumah itu ada fentilasi cahaya dan udara sehingga tidak lembab,” cetusnya.
(Awal).

Related

MAMUJU 5425479138427913121

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini