Akibat Corona, KPU Tunda Pilkada dan Nonaktifkan PPK dan PPS

MAMUJU, FMS - Menindak lanjuti surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Empat kabupaten di Sulawesi Barat yang  akan melaksanakan  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 yakni Kabupaten Mamuju, Majene, Mamuju Tengah dan Pasangkayu  ditunda.

Penundaan tersebut  akibat dari dampak pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda sejumlah daerah di tanah air.

Ketua KPU Sulbar, Rustang mengatakan menindak lanjuti surat edaran KPU RI maka empat kabupaten di Sulbar yang akan melaksanakan  pilkada  ditunda.
Termaksud  penundaan verifikasi vaktual, pembentukan petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) dan  penundaan pemuktahiran data pemilih.
Dikatakan,  alasan  penundaan karena dikhawatirkan dapat  tertular virus corona karena  berkumpul dan kontak  langsung dengan masyarakat.

“Sementara di tengah pandemi virus corona,  kita di himbau untuk  menghindari berkumpul dengan orang banyak  untuk mencegah penularan covid-19,” katanya. Kamis (2/4/2020).

Lanjut dikatakan,  untuk saat ini masih menunggu rapat pendapat (RDP) antara Pemerintah, DPR, KPU, Bawaslu dan DKPP yang membahas dana Pilkada yang  belum dicairkan untuk dialokasikan penangan Covid-19.

“Jadi yang belum dicairkan kemungkinan direalokasikan ulang untuk penangan Covid-19. Termaksud  daerah yang tidak melaksanakan Pilkada juga mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19,” terangnya.

Begitu pula Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang baru dilantik KPU kabupaten untuk sementara waktu dinonaktifkan hingga menunggu surat edaran yang diterbitkan KPU RI.

Rustang juga berpesan kepada penyelenggara Pilkada ditenga pandemic Covid-19 ini agar menjaga kesehatan dan  menghindari  tempat  keramaian orang banyak berkumpul serta  jangan keluar rumah jika tidak benar-benar  terlalu penting.

“ Juga masuk kantor pukul 09 pagi dan pulang 15.00 Wita dan langsung  pulang ke rumah,” cetusnya. (Awal).

Related

MAMUJU 361626714456987499

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini