Dua Positif Covid-19 di Mamuju Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

Kadis kominfo Sulbar, Safaruddin Sanusi.


MAMUJU, FMS - Sebanyak dua orang positif terinfeksi virus corona di Sulawesi Barat menjalani isolasi mandiri dirumah. Berdasarkan data yang diperoleh dari situs resmi Sulbar Tanggap Covid-19 Sulbar, 2 orang tersebut berasal dari Mamuju.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Sulbar, Safaruddin Sanusi mengatakan satu orang isolasi mandiri di Makassar.

"Satunya lagi di Mamuju inisial Z umurnya sekitaran 50 tahun," kata Safaruddin, Minggu (12/4).

Sementara itu, data perhari, Minggu, (12/4/2020), kasus positif Covid-19 di Sulbar terkonfirmasi sebanyak 5 orang. Satu diantaranya telah dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia.

Sebagaimana diinformasikan pada situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), orang yang terinfeksi corona dan menjalani isolasi mandiri harus menjalani protokol yang ditetapkan Kemenkes.

Ada delapan poin yang harus diperhatikan bagi orang positif corona yang menjalani isolasi mandir, berikut yang dirangkum  yang ditetapkan oleh Kemenkes RI di antaranya:

Pertama selalu memakai masker di mana pun berada, termasuk di dalam rumah. Setelah digunakan, segera buang masker ke tempat sampah.

Kedua, tetaplah berada di dalam rumah jika sedang sakit dan mengalami gejala demam, flu, atau pun batuk. Jangan pergi ke tempat-tempat umum untuk mencegah penularan virus corona ke masyarakat.

Ketiga lakukan konsultasi rutin dengan tenaga medis yang bertugas melalui portal informasi daring atau telemedicine.

Keempat, gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga yang lainnya ketika di rumah. Dan selalau jaga jarak sejauh satu meter dari anggota keluarga lainnya. Perlu diingat pula, jangan memakai peralatan makan yang sama dengan anggota keluarga.

Kelima lakukan pengecekan suhu badan harian. Selalu pantau juga kondisi batuk dan sesak napas yang dialami.

Keenam selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), konsumsi makanan bergizi dan sering mencuci tangan menggunakan sabun minimal 20 detik.

Kedelapan, jaga kebersihan di dalam rumah dengan cairan disinfektan. Dan orang yang menjalani isolasi mandiri wajib berjemur di bawah sinar matahari selama 15-30 menit setiap harinya dan.

Kedelapan hubungi segera petugas medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut jika sakit semakin parah.
(Adv/Awal).

Related

MAMUJU 196984470117148790

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini