Sambut New Normal Pemprov Sulbar Benahi Pasar Tradisional TPI Mamuju

Foto: Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris.


MAMUJU, FMS - Pemerintah Provinsi Sulbar dalam menyambut New Normal atau tatanan baru akan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris mengatakan new normal artinya kembali kesituasi yang baru meski ditengah pandemi covid-19 untuk lebih memprihatikan protokol kesehatan.

Aktivitas mulai dilonggarkan pergerakan orang tetapi protolnya harus ketat dengan memperhatikan physical distencing, penggunaan masker tidak boleh diabaikan dan cuci tangan setiap saat.

"Juga dikantor jaga jarak kalau boleh pegawai setengah hari masuk dan berikutnya lagi yang masuk diatur sedemikian rupa untuk pegawai. Juga tempat-tempat perekonomian seperti pasar juga tetap diperhatikan protokol kesehatan ," kata Idris, Rabu (3/6).

Lanjut Idris dalam rangka lomba inovasi pengembangan daerah menyambut new normal Covid-19 yang digelar oleh kementerian dalam negeri (Kemendagri). Dan telah melakukan persiapan bahwa salah satu lokus yang akan dipilih untuk ikut dilombakan adalah pasar tradisional yang berada di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mamuju.

Olehnya itu, Idris menekankan, dalam pembenahan Pasar Tradisional TPI Mamuju konsepnya harus dibuat dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, kaos tangan, hand zanitizer, tempat pencucian tangan, serta pengaturan jarak fisik dan termasuk juga pengaturan pintu masuk dan keluar ke lokasi itu.

Disamping itu, sambung Idris, kondisi fisik pada sektor  tersebut harus juga diperhatikan, agar tidak terlihat kumuh atau  lingkungannya terlihat tidak sehat.

Idris berharap, dalam pembuatan video pada sektor yang diperlombakan tersebut dapat menggambarkan seluruh aktifitas di dalamnya dan kondisi fisiknya, baik sebelum menerapan protokol kesehatan Covid-19, maupun sesudahya agar lebih menarik.

Terpisah gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan dipilihnya pasar tradisional TPI Mamuju untuk diikutkan pada lomba karena tempatnya sangat strategis yang menghubungkan kepulau terluar Sulbar.

"Disitu (Pasar TPI Mamuju) disamping pintu gerbang ke pulau-pulau  juga ada pasar  dan banyak  orang bekerja disitu," cetusnya.(Adv/Al).

Related

MAMUJU 7663943491571711905

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini