GEMA P.U.S Sayangkan Rencana Penambangan LTJ Atau Rare Earth Di Mamasa

MAMASA, FMS - Penolakan terhadap rencana penambangan Logam Tanah Jarang (LTJ) atau Rare Earth di wilayah Kabupaten Mamasa oleh PT. Monzanite San yang akan dilakukan di tiga titik yakni Kecamatan Aralle, Mambi, dan Buntu Malangka' kembali disampaikan oleh kelompok masyarakat.

Kali ini dilontarkan oleh Gerakan Generasi Muda Pitu Ulunna Salu (GEMA P.U.S) di Makassar. Kepada awak media, Ketua Umum GEMA P.U.S, Doni Kumala Putra secara tegas menyangkan rencana penambangan tersebut.

"GEMA P.U.S bersama tokoh dan aliansi masyarakat Kabupaten Mamasa, khususnya tujuh kecamatan di wilayah III akan menganalisa sedalam-dalamnya dan konkrit mengenai dampak yang ditimbulkan dari segala aspek," katanya via WhatsApp, Sabtu (15/8).

Namun Ia menilai aktifitas pertambangan yang rencana akan dilaksanakan tersebut tidak efektif untuk saat ini. "Penambangan untuk mengeksploitasi alam kami nilai belum efisien dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah P.U.S," nilainya.

Ia menegaskan warisan tanah nenek moyang tidak untuk ditambang, masih ada banyak program yang seharusnya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesehahteraan masyarakat

"Dahulukan jalan lorong ke kampung-kampung kecil dan objek wisata yang ada dari pada mengeruk kekayaan alam yang ujungnya justru merusaknya," tegasnya.

Doni menambahkan saat ini GEMA P.US terus mengkaji dan mempelajari rencana penambangan tersebut, pihaknya juga akan terus mengintensifkan komunikasi lintas golongan untuk meyamakan persepsi. (klp)

Related

MAMASA 2034128319684428348

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini