Pilkades PAW Tiga Desa Di Mamasa Bakal Ditunda


MAMASA, FMS--Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan Pilkades antar waktu (PAW) tahun 2020 nampaknya harus ditunda. Hal tersebut merujuk pada surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 141/4528/SJ tertanggal 10 Agustus 2020 tentang Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan Pilkades antar waktu (PAW).

Untuk Kabupaten Mamasa ada tiga desa yang seyogyanya melakukan PAW, yakni Desa Salumokanan dan Desa Buangin Kecamatan Rantebulahan Timur, serta Desa Malimbong Kecamatan Sesenapadang.

Namun sepertinya Pemerintah Kabupaten Mamasa tetap akan melaksanakan pemilihan lantaran tahapan Pilkades PAW terlanjur sedang berjalan.

Pihak kepolisian yang bertanggung jawab atas keamanan pelaksanaan Pilkades berharap agar proses pemilihan ditunda sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kapolres Mamasa, AKBP Indra Widiatmoko mengatakan jika merujuk pada surat edaran Mendagri maka seluruh tahapan Pilkades serentak dan PAW harus ditunda. "Itu kalau tidak ada aturan perubahannya, tapi kalau ada mungkin dilaksanakan tahun ini," katanya beberapa waktu yang lalu.

Ia mengsinyalir bahwa penundaan tersebut karena secara kebetulan di Sulawesi Barat juga dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak. "Kita akan fokus pengamanan ke daerah lain, dalam rangka pergeseran anggota untuk membantu atau yang dikenal dengan Bantuan Kendali Oprasi (BKO)," ucapnya.

Ia menyarankan desa-desa yang akan melakukan pemilihan agar menunjuk karateker untuk sementara waktu. "Jadi pakai karateker saja, penunjukan dari Bupati, sambil menunggu instruksi lebih lanjut dari Mendagri," sarannya.

Meski demikian, jika Pilkades PAW tetap dilaksanakan, Ia meyakinkan pihaknya akan tetap berupaya melakukan pengamanan semaksimal mungkin, termasuk memetakan kerawanan dan tetap melaksanakan seluruh proses sesuai protokol kesehatan.

"Jika ada yang kerawanannya tinggi, kita tentunya akan tambah personil disitu, jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya. (klp)

Related

MAMASA 2373982596262463569

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini