Peduli Kesehatan, PT. SRL 2 Dan PT. BDS Sasar 12 Posyandu Binaan

COD PT Surya Raya Lestari 2, Silmi Nathar, menyerahkan bantuan kepada Posyandu Dahlia.

MATENG, FMS - Peduli Kesehatan Masyarakat, PT Astra Agro Lestari, Tbk (AAL) kembali galakkan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Mamuju Tengah (Mateng).  

Program CRS dibidang kesehatan yang berlangsung sejak Kamis hingga Jumat (9/10/2020) dilaksanakan melalui anak perusahaan PT AAL yakni PT. Suryaraya Lestari 2 dan PT Bhadra Sukses, yang saat ini beroperasi di Mateng Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk pendampingan dan pembinaan sebanyak 12  Posyandu di tujuh desa dari tiga kecamatan binaan PT AAL.

Menurut Silmi Nathar, selaku Community Development Officer (CDO) di Perusahaan tersebut mengatakan, Kader binaan PT Surya Raya Lestari 2 dan PT Bhadra Sukses, sebanyak 60 kader posyandu.

Selain pembinaan, juga dilakukan pendampingan melalui pelatihan, kader juga diberi insentif sebesar Rp.250ribu per Unit Posyandu setiap bulannya.  

Setiap Posyandu juga mendapatkan biaya Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Rp.250ribu setiap bulannya dan berkelanjutan sejak delapan tahun silam.

Mewakili Administratur PT. SRL 2 dan PT. BDS, dalam sambutannya, Silmi Nathar selaku CDO mengatakan,  program pembinaan dan pendampingan posyandu binaan ini telah berjalan sejak tahun 2012,  melalui Program Revitalisasi Posyandu. 

“Saat itu, program revitalisasi posyandu oleh PT Astra Agro Lestari secara nasional.

Awalnya program ini mengutamakan unit-unit posyandu yang membutuhkan bantuan dan berada di pelosok desa yang sulit dijangkau oleh kendaraan umum," jelas Silmi.

Ia menambahkan, seiring meningkatnya pembangunan, silih berganti unit posyandu yang mendapat bantuan berdasarkan pemerataan wilayah jangkauan program. dan tidak menutup kemungkinan di tahun mendatang semakin meningkat sesuai target dan  sasaran bantuan dialihkan ke unit posyandu yang lebih membutuhkan. 

"Kami ingin, tetap memberikan perhatian secara terus menerus untuk posyandu sebagai salah satu kontribusi kami dalam menyukseskan program pemerintah khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat. Harapan kami sumbangsi ini berkah sehingga bermanfaat adanya, ucapnya. 

Terpisah, Ketua kader Posyandu Melati Desa Salugatta, Sulfiati mengungkapkan apresiasinya kepada PT Astra dalam hal ini PT. Suryaraya Lestari 2. 

Sulfiani mengatakan, meskipun saat ini sedang dilanda pendemi covid 19, namun perhatian dan kepedulian PT Astra kepada posyandu-posyandu binaannya tetap berjalan dengan berbagai program.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 2 karena dengan keberadaannya di wilayah ini sangat banyak membantu dengan program-program yang digulirkan," katanya.

Ia menjelaskan, salah satu bantuan kepada posyandu yang dipimpinya yakni pembinaan dan pendampingan kader melalui kegiatan Training Kader, Pemberian Insentif dan Pemberian Bantuan dana PMT. 

"Selama ini sudah beberapa tahun kegiatan dan program seperti ini sudah berjalan, kami merasa sangat terbantu dengan adanya program kesehatan yang dijalankan ini. Semoga ke depannya, tetap berlanjut dan kalau perlu ditambah lagi programnya," imbuhnya.

Senada,  Pelaksana Program Astra Sehat, Andi Ibrahim mengatakan, PT Astra Agro Lestari, Tbk  telah berkomitmen menjalankan program sustainability (berkelanjutan) seperti Astra Cerdas, Astra Sehat, Astra Hijau, dan Astra Kreatif di semua anak perusahaannya. 

“Kepedulian PT Suryaraya Lestari 2 sabagai upaya mendukung dan mewujudkan desa binaan yang sejahtera diaplikasikan melalui program-program di berbagai bidang seperti Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan.  Di bidang Kesehatan, kami melaksanakan Program Pembinaan dan Pendampingan Posyandu Binaan yang terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya berupa bantuan insentif kader posyandu dan PMT yang dilakukan saat ini," jelasnya.

Andi Ibrahim berharap, melalui program yang sedang digalakkan, perusahaan telah turut membantu kesejahteraan kader dan menyukseskan kegiatan posyandu yang rutin dilakukan oleh kader, sehingga dapat membantu terwujudnya program pemerintah dalam bidang kesehatan kususnya Posyandu. 

Berikut nama Posyandu sasaran binaan, yakni Posyandu Dahlia dan Posyandu Bukit Indah di desa Tobadak, Posyandu Melati di desa Mahahe, Posyandu Citra Warga di Desa Waeputeh, Posyandu Melati di desa Salugatta, Posyandu Nurul Ilmi, Posyandu Kuncup Harapan, Posyandu Teratai Mekar, dan Posyandu Teratai Indah di desa Tabolang, Posyandu Flamboyan di desa Pontanakayyang, serta Posyandu Dahlia dan Posyandu Harapan Baru di desa Babana menjadi sasaran Program Astra Sehat kali ini. (*/jamal)

Related

MATENG 336761124961367321

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini