Peringati Hari Santri Muflih B Fattah Ajak Santri Berperan Memutus Mata Rantai Corona


MAMUJU,FMS-Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) wilayah Provinsi Sulawesi Barat, Muflih B. Fattah membacakan sambutan Menteri Agama, Fachrul Razi pada upacara hari santri nasional lingkup Kanwil Kemenag Sulbar dan Madrasah se-Kecamatan Mamuju yang diselenggarakan di MTSN 1 Mamuju, Kamis (22/10).

Dalam sambutannya, Menteri Agama (Menag) berharap peran santri dan lingkup pesantren untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Peringatan hari santri tahun ini secara mengusung tema santri sehat, Indonesia kuat'. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia saat ini tengah dilanda pandemi global Covid-19.

"Semua pihak agar berikhtiar agar pandemi ini bisa segera berakhir,” kata Muflih saat membacakan sambutan Menteri Agama RI.

Upacara peringatan hari santri juga diwarnai dengan nuansa baju muslim berwana putih.  Diisi dengan pembacaan ikrar santri Indonesia dan lantunan lagu mars santri. 

Beberapa perwakilan peserta upacara dari beberapa madrasah di Kabupaten Mamuju juga hadir menyemarakkan peringatan hari santri ini dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Dikatakan hari santri dalam sejarahnya, lahir melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 yang menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya ‘Resolusi Jihad’ yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai hari pahlawan," pungkasnya.(Awal).

Related

MAMUJU 5901047650454893637

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini