Wisata Khaymoto, Topoyo, Menarik Perhatian Wamen ATR


MATENG, FMS - Wisata Mancing dan Kuliner Khaymoto, Desa Topoyo Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah (Mateng) menarik perhatian dan mendapat apreseasi Wakil Menteri (Wamen) Agraria, Tata Ruang dan Badan Pertahanan Nasional (ATR dan BPN), Surya Tjandra.


Wamen Surya Tjandra mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Khaymoto Desa Topoyo, adalah peluang usaha yang menarik dan memiliki potensi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menururtnya, Wisata Khaymoto merupakan kolaborasi sejumlah kementerian, pemerintah dan berbagai pihak dalam hal pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

" Sementara dari sisi ATR dan BPN adalah bagian sertifikasi untuk dibuatkan pemberdayaan dalam program reforma agraria," jelas Wamen, saat dikonfirmasi di Wisata Khaymoto, Selasa (13/10/2020) petang.

Surya Tjandra menambahkan, kolam Pemancingan dan Kuliner Bumdes Khaymoto akan dijadikan contoh menarik diseluruh wilayah indonesia.
" Kolam wisata Khaymoto yang dikelola bersama untuk kesejahteraan masyarakat, sehingga bantuan tidak menguap begitu saja," jelasnya

Manurut Surya Tjandra, kunjungannya di Mateng bersama Dirjen PKTrans Muh Nurdin, Dirjen PK2TR Hari Pramudio dan rombongan yang merupakan kolaborasi dari berbagai kemeterian republik indonesia dalam hal peningkatan pemberdayaan kususnya wilayah transmigran.

" Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) salah satu dari delapan skala Projek pemberdayaan warga transmigran yang berada di Mateng," jelasnya

Menurut Wamen, kunjungannya bersama sejumlah pihak kementerian ke Mateng, tidak terlepas dari wilayah transmigrasi dan sekaligus menambah pengetahuan tentang pentingnya membangun wilayah transmigran.

Sebelumnya, Wamen ATR dan BPN menyerahkan ratusan sertifikat lahan bagi warga transmigran yang ada di Mateng.

" Disini, (Mateng,red ) masih ada ruang untuk menerima transmigrasi baru dan yang lebih penting adanya kesadaran kuat jika suatu daerah akan maju dengan adanya transmigran," tutup Surya Tjandra.

Selain Sekprov Sulbar, Kujungan rombongan Wamen ATR dan BPN disambut Plt Bupati Mateng Andi Bau Akram, Sekkab Askary Anwar, Ketua DPRD Arsal Aras, sejumlah pimpinan OPD Mateng dengan mengutamakan protokol kesehatan dimasa pandemi. (jamal)

Related

MATENG 2168542152884472568

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini