Kurangi Angka Stunting Dimasa Pandemi, PKK Kecamatan Kalumpang Programkan Swalayan Pembibitan


MAMUJU, FMS-Ditengah pandemi virus corona berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan ekonomi dan mengurangi angka stunting. Seperti halnya dilakukan PKK pemerintah Kecamatan Kalumpang  melakukan program swalayan pembibitan tahun 2020. Dengan menggandeng pemerintah desa dan lapisan masyarakat se-Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Camat Kalumpang Abram mengatakan, program swalayan pembibitan ini bertujuan untuk mendorong penurunan angka stunting dengan pemanfaatan pekarangan rumah masyarakat dengan cara menanam berbagai sayuran dan buah-buahan. Agar masyarakat dapat mengkonsumsi makanan bergizi dalam upaya peningkatan taraf hidup sehat dan dapat menambah nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Tak kalah pentingnya, kegiatan ini dapat membantu mengatasi krisis swasembada pangan di tengah masyarakat saat ini yang di landa wabah virus Covid-19. Karenanya, untuk mendorong program ini maka kegiatan PKK yaitu menggalakkan dasawisma dan pemberian asupan makanan bergizi bagi anak balita di setiap desa yang di topang oleh pemerintah desa melalui APBDes,” kata Abram, Rabu (4/11).

Menurutnya, program ini menjadi hal wajib dilakukan setiap tahunnya oleh pemerintah desa se-Kecamatan Kalumpang. Selain  itu pula tertib hewan ternak juga tetap di galakkan dan didorong melalui  peraturan desa (Perdes).

Ia berharap dengan adanya Perdes tertib hewan ternak yang menitik beratkan pada tertib hewan ternak liar disekitar pemukiman rumah yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan karena kotoran hewan ternak. Perdes ini juga mendorong bagaimana masyarakat dapat mengelola hewan ternaknya dengan baik, agar dapat memberikan nilai ekonomi yang tinggi dengan cara mendorong peningkatan produksi hewan ternak dan cara berternak yang baik.

“Tentunya hewan ternak ini juga, merupakan aset yang dapat dikembangkan di Kecamatan Kalumpang, karena lingkungan dan wilayahnya sangat mendukung. Harapan kedepannya, hal ini akan tetap kami lanjutkan untuk mendapatkan dukungan Pemerintah Kabupaten dalam rangka penurunan angka Stunting dan peningkatan ekonomi masyarakat dalam Bidang peternakan di wilayah Kecamatan Kalumpang,”pungkasnya.(Awal).

Related

MAMUJU 4103504556023389898

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini