BPN Sulbar Bina PPAT Se-Sulbar Menuju Layanan Pertanahan Berstandar Dunia


POLMAN,FMS - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan Pembinaan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) se-Sulawesi Barat di Hotel Ratih, di Polewali Mandar (Polman) pada tanggal  10 hingga 11 Juni 2021.

Kegiatan tersebut  mengangkat tema “Melangkah Pasti Dengan Transformasi Digital Menuju Layanan Pertanahan Berstandar Dunia”, sejalan dengan roadmap transformasi digital Kementerian ATR/BPN tahun 2020-2024.

Pada kesempatan tersebut Dwi Purnama saat membacakan sambutan tertulis dari Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah secara daring menyongsong transformasi digital tersebut, kompetensi sumber daya manusia (SDM) PPAT harus terus menerus ditingkatkan. PPAT di Indonesia saat ini berjumlah 19.449 orang, termasuk di dalamnya PPAT di Sulawesi Barat harus dibina dan diawasi dalam pelaksanaan jabatan PPAT dan Kode Etik-nya. Tugas yang diemban PPAT adalah pelimpahan sebahagian kewenangan Kementerian.

"Saudara harus mentaati peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan Kementerian ATR/BPN. Apabila Saudara tidak melaksanakan dengan sebaik-baiknya maka Kementerian dapat mencabut kembali pelimpahan kewenangan yang sudah diberikan,” ujar Dwi Purnama saat membacakan sambutan tertulis dari Direktur Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah secara daring, Kamis (10/06/2021).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Barat, Herjon Panggabean berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas SDM PPAT di wilayah Sulawesi Barat agar dapat melayani masyarakat dengan handal, professional, transparan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi. 

Selain peningkatan kapasitas PPAT, Kegiatan ini juga diharapkan dapat berkontribusi nyata dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan pertanahan kepada masyarakat dengan baik dan profesional. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi pemacu semangat untuk bertransformasi dari analog ke digital di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

“Saya juga tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang begitu  antusias mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Barat dengan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. Ruang lingkup perjanjian tersebut meliputi percepatan penanganan pengaduan masyarakat, tata kelola pencegahan maladministrasi, pertukaran data dan informasi dan kegiatan lainnya

Selain dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Barat Herjon Panggabean beserta jajaran, hadir pula unsur pimpinan dan anggota IPPAT se-Sulawesi Barat baik offline maupun online. Menghadirkan narasumber Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sulawesi Barat, Zulfajri Basri Hasanuddin, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Polewali Mandar, Budi Utomo Abdullah dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat, Lukman Umar.(Awal)

Related

POLMAN 7412922993536616330

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini