Dua Poktan Di Mateng Terima Bantuan Alat Tani


MATENG, FMS - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mamuju Tengah (Mateng) Heranto S Pd MM, serahkan bantuan kepada Kedua Kelompok Tani (Poktan) berupa Mesin Pompa dan Hand Traktor.

Heranto, mengatakan bantuan yang diterima kelompok tani Tau Tallu asal Sinabatta Kecamatan Topoyo berupa 1 paket mesin pompa air, sedangkan Mitra Topoyo dari kecamatan yang sama menerima 1 unit Hand Traktor.

"Semoga adanya bantuan itu, dapat memudahkan petani untuk bekerja sesuai dengan peruntukannya dan mendpatkan hasil yang lebih baik," jelas Kadis Pertanian, usai serah terima bantuan di halaman kantor Distan Mateng, Selasa (21/6/2022).


Mantan Kabag Umum Pemkab Mateng itu juga berharap, agar pemberian pemerintah melalui dinas pertanian dapat dijaga dan dipelihara sebaik mungkin untuk kepentingan petani itu sendiri.

"Bantuan pemerintah, jangan sampai disia siakan, karena bisa saja kedepannya akan ada bantuan lain untuk kepentingan kelompok itu sendiri. Dan ingat, ini untuk kelompok, bukan pribadi," tegas Heranto.

Hal serupa disampaikan Ketua Koordinator Kabupaten (Korkab) Komando Kawasan Terpaut Pemuda Tani Indonesia (KKT-PTI) Nur Akbar Mubarak S Pd M Pd, menurutnya, bantuan itu berasal dari kementerian Pertanian, yang di usulkan melalaui KKT-PTI ke Kementerian Pertanian. 

"Ada tiga kelompok yang kami usulkan berdasarkan permohonan kelompok tani dan hasil survei dilapangan. Namun bantuan untuk satu kelompok lagi akan menyusul waktu dekat ini," jelas Akbar.

Ia menambahkan, Poktan khusus jangka pendek, yang barusaja menerima bantuan, tentu saja dari hasil usulan kelompok sesuai dengan kebutuhan, sehingga diharapkan bekerja maksimal agar mendapatkan hasil yang lebih baik pula nantinya.  

"Kami akan terus membantu petani, sesuai dengan tugas kami di KKT-PTI Mateng dan semoga hal ini bisa bermanfaat," tambahnya.  

Ketua Poktan Tau Tallu, Muhammad Syarif merasa senang dan mengapreseasi kedua pihak baik korkab KKT-PTI juga kepada dinas terkait. 

Berkat bantuan itu, ia tak lagi bersusah payah saat penyiraman tanaman jangka pendek yang dilakoni bersama anggota kelompok yang dipimpinnya.

"Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu kami, dengan adanya mesin penyedot air ini, kami merasa lebih nyaman bekerja," ucap syarif

Kabid Sarana Prasarana Distan Mateng, Rosihan Abidin SE yang turut hadir, menjelaskan, kedua Poktan dibidang jangka pendek, berupa sayuran dan sejenisnya itu, selama ini bekerjasama dengan pedagang keliling dan eceran yang setiap harinya di jual untuk kebutuhan warga bumi Lalla Tassisara,'

"Hasilnya untuk kebutuhan di daerah kita sendiri, kelompok bekerjasama pedagagang keliling yang setiap hari menjajakan daganganya di wilayah Mateng," singkat AAN sapaan Kabid PSP Distan setempat. (jml)

Related

MATENG 5173051366397765891

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini