DD Tahap II 2022, Desa Lalatezdong Bangun Saluran Irigasi


Majene, FMS -Pemerintah Desa (Pemdes) Lalatezdong, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, telah menggelar sejumlah program pembangunan desa yang dananya bersumber dari Dana Desa (DD) Tahap II tahun 2022. 


Adapun di sektor fisik, Desa Lalatezdong telah membangun saluran irigasi untuk keperluan bidang.saluran irigasi dibangun Pemdes Lalatezdong, tampak papan proyek sebagai bentuk transparasnsi penggunaan Anggaran Dana Desa. 


Kepala Desa Lalatezdong Ridwan Maruseng mengatakan, pembangunan fisik akan dilakukan merata di semua dusun. Hanya saja mengingat anggaran yang terbatas dan sebagian masih dialokasikan untuk kegiatan yang berkaitan dengan covid-19. “Maka pembangunan saluran irigasi ini dibangun di  Dusun Naungkaluku terlebih dahulu, dengan panjang volume 163 meter pada tahun 2022,"  ujarnya, Senin 10/10/2022


Pembangunan saluran pengairan irigasi persawahan kucuran Dana Desa(DD) yang dianggarkan untuk Desa Lalatezdong, pembangunan saluran irigasi sangat penting sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian guna mendukung program ketahanan pangan.


“Alhamdullilah, anggaran DD tahap II dari pemerintah Pusat sudah cair. Dana tersebut saya gunakan untuk pembangunan irigasi. 

Akan mampu mengairi lahan sawah warga 10 h area,” terangnya.


Dikatakan pula, kondisi di Desa Lalatezdong saat ini masih banyak PR yang belum dikerjakan khusus nya dibidang infrastruktur. “Pembangunan di bidang infrastruktur bagi saya sangat penting untuk menunjang aktivitas warga saya khususnya. Sebagai Kepala desa saya ingin masyarat bisa merasakan Desa Lalatezdong yang maju dan sejahtera baik itu infrastruktur maupun pemberdayaan 

masyarakat,” pungkasnya.


Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Lalatezdong,Mursaid menyebut bahwa pembangunan saluran irigasi  ini memang sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan persawahan. 


Menurutnya, dengan adanya saluran irigasi yang baru ini dapat memberikan kemudahan dan kesulitan saat petani mengairi lahan persawahannya. 


Pembangunan saluran irigasi,dengan vulome 163 meter, merupakan program kegiatan Desa Lalatezdong sebagai upaya menjaga ketersediaan air untuk pertanian lahan persawahan warga desa, berharap dengan adanya saluran irigasi yang baru untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar.


Dapat menyimpan debit air saat musim penghujan,agar tidak meluber ke area lahan persawahan.Pembangunan saluran irigasi,ini sangat membantu petani di Desa Talang. Karena ketersediaan pasokan irigasi yang terawat dengan baik, maka petani dapat melaksanakan usaha tani sepanjang tahun tanpa kesulitan pengairan pertanian.(whd)



 

Related

MAJENE 2561647122146616309

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini