Faisol Ali Pimpin Operasi Gabungan Terhadap WNA Asal Malaysia di Pasangkayu


PASANGKAYU,FMS- Tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat bersama Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non TPI Mamuju menggelar operasi gabungan pengawasan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia di salah satu kecamatan di Kabupaten Pasangkayu. Selasa (18/10/2022).

Operasi gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Faisol Ali dan Kepala Divisi Keimigrasian, Andi Pallawarukka.

“Operasi gabungan ini merupakan salah satu bentuk implementasi pelaksanaan Undang-undang terkait Keimigrasian,” ujar kepala KemenkumHAM Sulbar, Faisol Ali.

Untuk itu, kata Faisol Ali, pengawasan terhadap orang asing khususnya di Sulawesi Barat, jajaran Imigrasi  memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaaan dokumen hingga penindakan jika memiliki pelanggaran keimigrasian.

"Sehingga operasi yang dilakukan oleh jajaran Imigrasi ini akan terus dilakukan dalam rangka ikut menjaga kedaulatan NKRI terhadap keberadaan orang asing yang tinggal di suatu wilayah  tidak sesuai aturan, khususnya di wilayah Sulawesi Barat, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan Keimigrasian,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Kemigrasian Andi Pallawarukka menjelaskan, keberadaan WNA asal Malaysia ini sebelumnya pernah datang ke wilayah Pasangkayu, namun di deportasi akibat adanya pelanggaran keimigrasian saat itu.

“WNA ini sudah tinggal selama kurang lebih 5 tahun, sempat kembali ke negara asalnya, dan kurun waktu sebulan ini kembali lagi ke Pasangkayu,” terangnya.

Lanjut Pallawarukka dari informasi yang diperoleh, WNA asal Malaysia tersebut menikah dengan seorang wanita WNI asal Kabupaten Pasangkayu.

“Dan Ia (WNA) selanjutnya berencana akan menggunakan KITAS untuk tinggal di Pasangkayu ini,” pungkasnya.

Diketahui, KITAS adalah tanda izin yang diperuntukkan untuk Warga Negara Asing (WNA) atau ekspatriat untuk tinggal atau menetap sementara di Indonesia secara sah dalam kurun waktu terbatas. 

Dalam operasi gabungan itu, dilakukan pemeriksaan dokumen Keimigrasian oleh Tim Kantor Wilayah dan Imigrasi Mamuju, dan kali ini tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian.(Rls/Al).

Related

MAMUJU 8742920972229611239

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini