Jota Joti, Kolaborasi ORARI Dan Kwarcab Pramuka Mateng

Sambutan Pembukaan Jota Joti oleh Ketua Orlok Mateng, Dr H Askary Anwar. Foto: Jamal

MATENG,FMS - Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka, Mamuju Tengah (Mateng), bangun kerjasama.

Jambore On the air, Jambore On the Internet (JotaJoti) sebagai langkah awal dalam membangun kerjasama antar kedua organisasi.

JotaJoti, adalah program perdana yang diselenggarakan seluruh dunia dalam membangun kolaborasi antar ORARI dan Pramuka.

Selain itu, sekaligus melatih pengurus pramuka, menggunakan alat komunikasi melalui frekuwensi dan internet.

Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, dibuka secara resmi, Ketua Orari Lokal (Orlok) Mateng, Dr H Askary Anwar didampingi sekretaris Orlok, Dr Ishak Yunus. Jumat (14/10) siang.

Dalam sambutannya, Askary  mengatakan, ORARI tidak akan menutup ruang dalam membangun komunikasi dengan seluruh organisasi yang ada. Termasuk Pramuka yang ada di Bumi Lalla'Tassisara'.

Ketua Orlok Mateng menambahkan, seiring berkembangnya zaman dan teknologi saat ini. Sebagai generasi, harus mampu mengikuti alur perkembangan diera sekarang yang semakin modern.

Kehadiran ORARI dan Pramuka ditengah masyarakat, untuk senantiasa bersinergi untuk membangun daerah.

"Kehadiran kita, adalah sinergitas antar kedua organisasi untuk membangun daerah. Sekecil apapun peran yang dilakukan, namun semata demi untuk daerah yang kita cintai," ucap Ketua Orlok yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah Mateng.

Dihadapan peserta JotaJoti, Askary menitip pesan agar memanfaatkan kesempatan untuk menimbah ilmu, tentang tata cara penggunaan alat komunikasi baik melalui frekuwensi ataupun internet.

"Selain berlatih menggunakan komunikasi radio, peserta juga diharapkan membangun silaturrahim ke semua kalangan," harapnya.

Diakhir sambutannya, Dr Askary Anwar yang juga sekretaris majelis Pramuka, menyampaikan jika ORARI dan Pramuka telah berkomitmen untuk bekerjasama secara terus menerus.

Sebab itu, dikegiatan Jambore yang disebut Jota Joti kali ini, Pramuka dibekali pengetahuan dasar tentang penggunaan radio. 

"Kedepannya kwalitas pengetahuan pramuka tentang radio akan dikembangkan, bahkan jika memungkinkan. Pengurus Kwarcab didorong mengikuti UNAR agar memiliki Callsing," tutupnya.

Pembukaan Jota Joti, diawali laporan sekretaris Kwarcab Pramuka Mateng Dedi Rahmadi.

Selain Ketua Dr H Askary Anwar dan sekretaris Orlok Dr Ishak Yunus,  turut hadir Dewan Pengawas dan Pembina ORARI H Andi Gapri sekaligus memberi pembekalan tentang penggunaan frekuensi radio kepada pengurus pramuka.

Tampak hadir, Wakil ketua Kwarcab Pramuka Rudi Rahmadi, Sekretaris Dedi Rahmat, Sekretaris RAPI Wilayah O4 Mateng dan sejumlah pengurus Orari Mateng. (jml)

Related

MATENG 1905025157006904522

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini