Jaga Sumber Air Bersih, Hulu Sungai Maluang Desa Mellangkenapadang Ditanami Pohon


Mamasa, FMS--Wujud upaya untuk tetap menjaga kelestarian alam, beberapa komunitas lakukan penanaman pohon di hulu Sungai Maluang yang berada di Desa Mellangkenapadang, Kecamatan Mamasa, Senin, 14 November.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Pemerintah Desa Mellangkenapadang, dengan motivasi untuk menjaga keasrian sumber air bersih mereka.

Pengelola P4S Sahabat Petani, Demianus Tarra mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon dilakukan untuk menjaga hulu Sungai Maluang.

"Sungai Maluang adalah sumber air yang dipakai beberapa desa, termasuk menjadi sumber air bersih di RSUD Kondosapa'," katanya via WhatsApp, Selasa (15/11)

Ia berharap dengan kegiatan itu, kelestarian alam tetap terjaga. Sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan oleh generasi mendatang.

"Intinya, kita harus menjaga alam, alam pasti menyayangi kita, terutama bagi pemuda-pemuda kita," harapnya.

Penyuluh Lapangan Kehutanan, Ardialan Pampang menuturkan akhir-akhir ini sering terjadi longsor di wilayah Mamasa. Salah satu penyebabnya adalah tutupan lahan hijau yang mulai berkurang.

Guna mencegah hal tersebut, Pemerintah Desa Mellangkenapadang berinisiatif untuk melakukan pencegahan, sekaligus untuk melindungi sumber mata air.

"Bibit yang ditanam diperoleh dari persemaian permanen Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Jeneberang-Saddang di Toraja. Bibit itu dibagikan secara cuma-cuma oleh Kementrian Kehutanan melalui BPDAS," tuturnya.

Ia mengaku senang melihat antusias warga menyambut kegiatan tersebut. Hal ini menjadi penanda bahwa masyarakat juga berkerinduan untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan.

"Masyarakat sangat antusias untuk melakukan penanaman pohon secara gotong royong," akunya.

Ia menambahkan, dengan kegiatan tersebut selain untuk menjaga sumber air bersih, juga untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dikuti sejumlah komunitas, diantaranya; masyarakat Desa Mellangkenapadang, masyarakat Desa Bombonglambe, PPGTM Klasis Mellangkenapadang, RSUD Kondosapata', kelompok tani se-Desa Mellangkenapadang, dan P4S Sahabat Petani. (klp)

Related

MAMASA 4691637414388733885

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini