Pemprov Bangun Pariwisata Mamuju


MAMUJU, FMS - Pemerintah Provinsi Sulbar optimistis bangkitkan perekonomian masyarakat dengan menggeliatkan potensi Wisata. Seperti di Pulau Karampuang, Mamuju.

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik menegaskan pengembangan dan pelestarian wisata patut ditingkatkan untuk menarik semakin banyak pengunjung.

Hal itu disampaikan usai launching plaza Karampuang di Pulau karampuang, Mamuju, kemarin.

Ia memandang, kawasan Karampuang belum terkelola dengan optimal oleh para pihak terkait di daerah. Sehingga dengan kolaborasi yang dilakukan diharap mendorong dan membangkitkan  kepariwisataan Sulbar, khususnya di Mamuju.

"Ini adalah bentuk kolaborasi bersama Pemkab Mamuju, Danrem 142 Tatag, Kapolda. Kita mencoba melakukan revitalisasi pulau karampuang yang sudah ada. Kita coba rubah konsepnya dengan membangun plaza," urai Akmal Malik, Senin 1 Mei.

Dengan adanya Plaza tersebut pihaknya mendorong agar berbagai event dapat digelar dengan mendesain kalender event wisata. Termasuk pengembangan sarana dan prasarana serta infrastruktur untuk penunjang nantinya.

"Untuk pengelolaan kedepan itu akan dikelola oleh pemerintah kabupaten, dengan melibatkan pemerintah desa melalui Bumdes-nya. Selanjutnya untuk pembenaha infrastruktur akan melibatkan perbankan dan BI, seperti listriknya," tegas Akmal.

Pj Gubernur juga mendorong agar Pemerintah Kabupaten Mamuju segera membentuk kelompok masyarakat sadar wisata. Tujuannya agar pengelolaan dan kelestarian wisata dapat terjaga dengan baik.

Pemprov Sulbar menggelontorkan anggaran pengembangan Pulau Karampuang sebesar Rp 2 miliar, dan dikerjakan bersama melalui kolaborasi dengan TNI.

Sementara Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi berharap dengan adanya plaza tersebut dapat semakin menunjang Pulau Karampuang menjadi tujuan wisata di Mamuju.

"Dengan begitu perekonomian masyarakat bisa meningkat, contohnya seperti pemilik kapal dapat meningkat pendapatan, pelaku UMKM juga akan melibatkan masyarakat lokal di sini (Karampuang)," sebut bupati.

Sutinah berkomitmen akan memanfaatkan dengan baik Plaza Karampuang yang telah digagas Pj Gubernur Sulbar. Fasilitas yang ada pun akan segera dilengkapi oleh Pemkab Mamuju.


DIHARAPKAN

BERKELANJUTAN 

Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Farouk Pakar ia mengaku bersyukur karena dalam waktu 39 hari dapat menyelesaikan pengerjaan tersebut.

"Kami bersama masyarakat melalui karya bakti membangun plaza ini, semoga masyarakat dapat memanfaatkan ini tidak hanya saat ini tetapi juga untuk kedepanya, seperti kebersihan," bebernya.

Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Darmawati mengatakan, Karampuang adalah salah satu unggulan Sulbar yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Barat.

"Jadi di tahun 2021 telah diterbitkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Barat tentang enam Destinasi Pariwisata Unggulan Provinsi Sulawesi Barat. Salah satu dari destinasi unggulan tersebut adalah Pulau Karampuang," kata Darmawati.

Harus diakui, lanjut Darmawati, Pulau Karampuang ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai atraksi dan kisah dibaliknya.

"Karampuang ini harus kita rawat dan kita jaga sebagai destinasi unggulan karena pulau ini adalah The Heart of Mamuju," ungkapnya. (Adv)

Related

MAMUJU 864107151995684812

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini