Pemdes Kire Jalankan Sejumlah Program Pemerataan Pembangunan Desa

Kepala Desa Kire, Irham M.S di ruang kerjanya.
MATENG, FMS - Pemerintah Desa Kire Kecamatan Budong- Budong, Mamuju Tengah (Mateng) fokus pada pemerataan pembangunan di wilayah desa.

Dikonfirmasi, Kepala Desa Kire, Irham MS menjelaskan, Ia bersama seluruh aparat desa sedang menggalakkan program pembangunan dan peningkatan infrastruktur di wilayahnya.

Selain peningkatan infastruktur jalan, pihaknya juga sedang menjalankan program air bersih untuk warga. 

Menurutnya, saat ini sebanyak tiga puluh rumah tangga sudah menikmati air bersih yang dialirkan menggunakan pipa dari bak penampungan di daerah pegunungan.

"Secara bertahap, kami akan uji coba sampai seratus rumah tangga fokus di ibukota desa. Jika debit air tidak mampu, kita upayakan menambah bak penampungan lagi," jelasnya. Selasa (5/12/2023).

Selain program air bersih, pihaknya saat ini juga sedang membangun kolam ikan air tawar sebagai program desa disetiap dusun yang ada.

Kades Kire, Irham M.S sedang meninjau pembuatan kolam air tawar.
"Kita rencanakan disetiap dusun, ukuran empat kali empat meter sesuai petunjuk pihak perikanan. Ada tiga petak, pembibitan peremajaan dan selanjutnya penggemukan," ucap Kades Kire di ruang kerjanya.   

Irham menjelaskan, sejumlah program yang sedang berjalan saat ini, selain penambahan volume air bersih dan pembuatan kolam ikan, pihaknya juga sedang fokus pada pembenahan saluran pembuangan air di wilayahnya serta peningkatan jalan yang dikerjakan secara bertahap di sejumlah titik. 

"Kita program sesuai tingkat kebutuhan yang ada disetiap dusun dan rencananya tahun depan fokus plat dekker diseluruh wilayah dusun. Karena meskipun saluran buang bagus kalau tidak ada plat dekker tentu aliran air tidak akan lancar," jelasnya.

Ia juga menyinggung soal rumah nelayan yang terancam abrasi diwilayahnya, sehingga dalam waktu dekat akan membangun batu pemecah ombak.

"Kita programkan pengadaan batu gajah untuk pemecah ombak," ucap Kades dua periode itu.    

Diketahui, Desa Kire berhasil meraih penghargaan Bebas Stunting Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta  pada november 2023 lalu , dengan kategori kawasan tanpa asap rokok. (jml)

Related

MATENG 177288292981090134

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini