Kunjungan Komisi VIII DPR RI, Warga Mateng Berharap Terbebas dari Banjir

Mamuju Tengah, fokusmetrosulbar.com-- Kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI di Kabupaten Mamuju Tengah, Selasa (2/5) disambut hangat warga desa Pangale, Kecamatan Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah.

Namun dalam sesi tanya jawab pada pertemuan dengan warga, sejumlah masyarakat malah tampak mengeluh kepada para wakil rakyat di Senayan itu.

Dalam sesi dialog pada pertemuan tersebut salah seorang warga Pangale, Muh Kasim, mengatakan, pemerintah harus memperhatikan nasib mereka dari kondisi geografis, dimana sungai Karama setiap saat bisa mengancam kelangsungan hidup warga dari bencana banjir.

"Sungai ini harus dibendung karena kondisinya selalu banjir setiap musim hujan datang," kata Muh. Kasim.
Bukan hanya warga yang khawatir, Kepala Dinas Sosial Mateng, Ramlie yang hadir mewakili Bupati Mateng pun menyampaikan hal serupa. Dalam sambutannya dia mengatakan, bahwa kondisi Mateng yang terbelah oleh beberapa sungai tak ayal membuat daerah penghasil sawit ini kerap direndam banjir. "Maka dari itu kita sudah siapkan desa tangguh," katanya.

Kendati demikian, Ramli berharap agar pemerintah pusat turun tangan memberikan perhatian. "Kami tentu sangat butuh campur tangan dari pusat agar dapat mengatasi bencana ini, paling tidak kita dapat mengantisipasinya," harap Ramli.

Menanggapi hal itu, Ketua rombongan Komisi VIII DPR RI, Abdul Malik, menyampaikan, pihaknya akan berkomunikasi lebih intens dengan Pemkab Mateng untuk menjawab berbagai keresahan masyarakat tersebut. "Nanti kita akan kerjasama dengan Dinas PU supaya dapat terwujud apa yang menjadi harapan kita semua, seperti tanggul ini," janji Malik.

Sementara itu, Anggota DPRD Mateng, Andi Rudi menegaskan,bahwa pengawasan anggaran sampai ke tingkat bawah akan menjadi perhatian pihak legislatif, hal itu perlu dilakukan agar maksimalisasi anggaran pembangunan dapat dinikmati masyarakat.

"Mulai dari perencanannya hingga realisasi, kita akan kawal sehingga anggaran dapat terealisasi sesuai harapan masyarakat," pungkasnya.

Pada kesempatan ini turut hadir anggota rombongan Komisi VIII DPR RI lainnya, diantaranya Ir.H.Zulfatli, Syamsul lutfi, Drs.H.Kuswiyanto, dan H.Anim F mahrus serta Andi Ruskati Ali Baal.

Selain itu hadir pula sejumlah Pimpinan OPD Mateng, seperti Kepala Bappeda Sigit Dwi Haryanto, Kepala BPBD Rahmat Syam, Kepala Kesbangpol Saharuddin Tinggi, Camat Pangale Bahri dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan cinderamata dari Komisi VIII DPR RI Ke-Pemkab Mateng dan ditempatkan di wilayah Desa Tangguh Bencana (Destana) Pangale. (jml/har)

Related

MATENG 1987713819900209131

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini