Banyak Jamaah Dari Luar, Diduga Ada 'Permainan' Seleksi Calhaj Polman

Kegiatan manasik haji di Masjid Syuhada Polewali (Foto: dok/FMS)
Polewali Mandar, fokusmetrosulbar.com-- Sebanyak 510 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Polman siap diberangkatkan tahun ini. Dari jumlah tersebut terdapat beberapa warga yang berasal dari luar Polman, diantaranya Sidrap, Pinrang, Parepare dan Kota Makassar.

Hariani misalnya, salah satu Calhaj ini mengaku berasal dari kota Parepare. Ia tergabung dalam Kloter 27 yang akan berangkat tanggal 19 Agustus mendatang. Ia mengaku telah mendaftar sejak tujuh tahun lalu.

"Ada keluarga yang panggil, makanya saya mendaftar di Polman sejak tujuh tahun lalu," kata Hariani kepada wartawan, Rabu (26/7).

Hal tersebut diprotes oleh beberapa warga Polman. Muhammad Taslim misalnya. Warga Polewali ini menuding, kemungkinan ada permainan atau pemalsuan identitas.

Warga Polman, Muhammad Taslim mengatakan, masih banyak warga Polman yang masuk dalam daftar tunggu bertahun-tahun. Ia juga berharap, kepada Dinas Catatan Sipil lebih teliti dalam mengeluarkan surat rekomendasi identitas seperti surat domisili atau surat keterangan.

"Yang jelasnya saya kurang setuju. Masa jatah haji untuk Polman digunakan oleh yang berasal dari luar Polman," kata Taslim.

Sementara itu Kepala Seksi Bagian Haji Kemeneg Polman, M. Athar menjelaskan bahwa pihak Kemenag hanya memproses sesuai data identitas calon jamaah.

"Mungkin jamaah tersebut sudah pindah domisili kesini, karena kalau bukan  KTP Polman kami tidak layani," jelas Athar.

Athar menambahkan, mengenai identitas jamaah tersebut, itu sepenuhnya kewenangan Dinas Catatan Sipil dan juga dari tingkat kelurahan. (ant/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 7983432640754296555

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item