KIP Sulbar Himbau Kades Lakukan Pengelolaan Anggaran Secara Terbuka

Polman, fokusmetrosulbar.com-- Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), himbau Pemerintah Desa lakukan pengelolaan anggaran secara terbuka.

Hal itu dikatakan langsung Ketua KIP Sulbar, Rahmat Idrus saat sosialisasi undang-undang keterbukaan informasi di Polewali Mandar, Rabu (2/8).

Dikatakan, perkara sengketa informasi publik yang telah ditanganinya sebagian besar dari Polman.  Hal itu mengundang inisiatif KIP Sulbar sosialisasi di Polewali.

"Jenis sengketa yang masuk di KIP Sulbar, mayoritas terkait permintaan informasi penggunaan dana desa," ucap Rahmat.

Selain Kades, KIP juga megimbau Pemkab Polman segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sampai ke tingkat desa. Itu dimaksudkan untuk memaksimalkan transparansi pengelolaan dana desa. " PPID lah yg nantinya akan menjadi ujung tombak pelayanan informasi publik di masing-masing OPD dan Pemerintah Desa," tandasnya.

Selain Kepala Dinas PMD Polman, juga dihadiri Kepala UPTD layanan Informasi Polman, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian dan pihak Statistik Sulbar.

Sosialisasi yang bertema Transparansi Pengelolaan Dana Desa, juga dihadiri sejumlah kepala desa, pendamping desa, Camat, LSM, serta Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI) Polman. (jml/har)

BERITA LAINNYA

POLMAN 2631183219916326932

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item