Kenali Perilaku Buruk dari Orang Terdekat

Ilustrasi

FMS - Hubungan dengan orang lain jika sudah berjalan cukup lama, cenderung sifat asli dari orang tersebut sudah muncul. Hal tersebut muncul karena ia akan bersikap apa adanya. Anda sudah saling tau sifat baik dan buruk masing-masing. Seiring berjalannya waktu, anda bisa saling mengerti dan memahami sifat masing-masing. Meskipun perilaku buruk seseorang bisa dipahami tetapi tetap saja memberi efek terhadap kondisi psikologis. Berikut beberapa tingkah laku yang kerap muncul dari teman dekat anda.

1. Meremehkan dan menjatuhkan karakter

Semua orang pasti butuh kritikan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Namun kritikan bisa berbagai macam bentuk. Kritikan yang baik yaitu yang sifatnya membangun dan mendorong agar memperbaiki diri. Namun, seringkali beberapa orang melontarkan kritikan yang terkesan seperti menjatuhkan, meremehkan ataupun mencemoh. Hal tersebut bukannya membangun malah akan menjatuhkan karakter dari seseorang.

Kondisi ini bisa saja mempengaruhi kondisi psikologi anda. Sikap meremehkan juga ditunjukkan dengan tidak memenuhi janji atau tidak menggubris apa yang Anda katakan.

2. Manipulatif

Seseorang yang memiliki sikap manipulatif akan mengambil kendali terhadap orang-orang disekitarnya untuk memenuhi keinginannya. Orang seperti ini akan mencari segala cara agar membuat anda bersalah. Dia bersikeras menyangkal dan malah menuduh anda. Pada kondisi ini, dia berusaha mengubah pemikiran anda dengan melontarkan kalimat seperti “Sepertinya kamu salah dengar”, “Kok salahnya di saya, kan sudah saya bilang dari awal” (padahal dia tidak pernah mengatakannya).

3. Memanipulasi rasa tidak aman Anda

Kondisi seperti ini biasanya membuat anda berhenti berbicara dan kehilangan kendali. Pada kondisi seperti ini, ia memanfaatkan kelemahan anda. Contohnya, ketika dia tahu bahwa anda gugup ketika marah maka ia akan membuat anda marah.

Perilaku ini sulit dikenali. Jadi sebaiknya, berusahalah untuk peka dan mengenali perilaku buruk.

4. Tidak mau mendengarkan

Hal ini sering kali muncul dalam suatu hubungan. Seringkali anda merasa terasingkan karena teman anda tidak mau mendengarkan cerita dari anda.

Perilaku buruk ini masuk ke dalam golongan manipulatif. Jangan merasa bahwa letak kesalahannya ada di anda karena memilih waktu yang tidak tepat untuk bicara. Kesalahan bukan bersumber dari anda, namun respon buruk yang ditunjukkan teman anda yang menunjukkan ia ingin menghindari pembicaraan denganmu.

5. Memperlakukan Anda dengan penghinaan

Mengejek, menertawakan, dan memperlihatkan gerakan fisik yang nampak biasanya dianggap sepele dan dianggap hanya candaan. Namun ejekan tersebut bisa saja dimasukkan ke hati dan berdampak terhadap kondisi psikologi anda.

Seseorang perlu saling menghargai satu sama lain. Penghinaan baik melalui kata-kata itu menunjukkan dia tidak menghargai anda.

6. Menunjukkan emosinya kepada Anda

Seorang penulis buku Rethinking Narcism, Dr. Craig Malkin menegaskan bahwa emosi merupakan hal yang sering dilakukan orang narsis. Orang tersebut berusaha menampakkan emosi dan kemarahannya kepada anda. Hal ini dilakukannya untuk membuat anda marah dan mengendalikan perasaan anda.

7. Mengesampingkan pikiran dan perasaan Anda

Kebanyakan orang ketika sudah lama saling mengenal, seringkali ia tidak peduli perasaan. Orang yang selalu mengesampingkan pikiran dan perasaan Anda akan menertawakan anda dan tidak mementingkan pikiran anda. Idealnya, sebuah hubungan yang baik yaitu saling berbagi pendapat dan mengerti perasaan satu sama lain. Namun seringkali yang terjadi malah sebaliknya.

Itulah beberapa peilaku buruk yang bisa saja muncul dari teman dekat anda. Kondisi tersebut mungkin dapat dipahami namun tanpa kita sadari malah akan berefek terhadap kondisi psikologi anda.

(*)

Related

#HOTNEWS 2687180473638741562

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini