Begini Komitmen Wirani Maju ke Parlemen


Wirani Sastri Takwil

Polman, FMS - Momentum Pemilihan legislatif 2019 kali ini, nampak beberapa politisi perempuan ikut berkompetisi.

Sebut saja Wirani Sastri Takwil merupakan salah satu caleg dari partai PDI Perjuangan dapil 1 Polman memilih jalur politik untuk melanjutkan perjuangannya.

Menurut Wirani, keterwakilan perempuan di lembaga legislatif tidak hanya penting dari aspek perimbangan antara laki-laki dan perempuan, namun perwakilan perempuan dalam politik harus mengarah pada perwakilan subtantif, bukan diskriminatif.

Bagi Wirani bahwa solusi yang tepat untuk membantu perempuan agar dapat memperoleh hak yang sama sesuai dengan hak para laki-laki adalah dengan memberikan mereka pembelajaran dengan bentuk seperti pelatihan kepemimpinan bagi perempuan.

Lebih jauh Wirani menjelaskan, secara statistik, jumlah penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa, dan sekitar 50 persen diantaranya merupakan penduduk perempuan.

Namun, dari pemilu ke pemilu, peta kekuasaan terkait keterwakilan perempuan cenderung tidak tampak mengalami perubahan, bahkan menunjukkan trend negatif.

"Saya yakin kuota 30 persen perempuan Di Sulbar di era milenial ini memiliki kapasitas yang tak diragukan lagi untuk mengisi parlemen, apalagi dengan meningkatnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan tingginya angka perkawinan anak, maka perempuan Sulbar harus ikut serta dalam memperjuangkan hak perempuan dan anak," jelas Wirani.

Saat ditanya apa yang melatar belakangi dirinya maju ke parlemen, Wirani menyebut bahwa tentu komitmennya adalah memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya dibidang pemberdayaan perempuan, memberikan pelatihan kerja dan membantu kaum muda putus sekolah untuk mengembangkan kreativitas dan memberikan lapangan pekerjaan melalui aspirasi.

Selain itu lanjut Wirani, mencanangkan program kesehatan bagi ibu dan anak, menjamin fasilitas publik yang ramah anak, lansia dan warga difabel, jaminan pendidikan dan kesehatan yang terjangkau bagi keluarga kurang mampu serta meningkatkan konektivitas transportasi antar pulau.

"Ada sebuah pepatah menjadi pelecut bagi saya yakni,generasi cemerlang dan berjiwa penakluk hanya terlahir dari para ibu yang visioner juga bercita-cita kepemimpinan, itu tentu menjadi salah satu spirit untuk memantapkan diri maju ke DPRD Kabupaten Polewali Mandar," papar Wirani.

"Jalur politik tentu merupakan salah satu jalan untuk mewujudkan masyarakat adil makmur,sehingga ini juga menjadi harapan kita semua," tutup Wirani, Rabu (27/03).

(Adi).



Related

POLMAN 6857015326994602107

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini