Kapolsek Karossa Pimpin Gema Takbir Pawai Obor

Mateng, FMS - Kapolsek Karossa, Iptu Mukhtar Mahdi memimpin Gema Takbir Pawai Obor di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulbar, Selasa (4/6/2019). Pawai yang diikuti lebih dari 600 orang ini merupakan acara memperingati malam Idul Fitri 1440 H.

Menurut Mukhtar, takbir keliling ini merupakan salah satu tradisi yang berlangsung lama di Indonesia yang perlu dilestarikan sebagai syiar Islam. Namun ia menyatakan bahwa acara ini juga harus berjalan dengan tertib, mematuhi aturan lalu lintas dan norma yang berlaku di lingkungan tempat takbiran itu dilaksanakan.


"Pemerintah yang sah melalui Menteri Agama telah mengumumkan bahwa Rabu 5 Juni 2019 ditetapkan sebagai 1 Syawal 1440 Hijriyah yang merupakan Hari Raya Idul Fitri. Mari kita bertakbir mengagungkan asma (nama) Allah," ujar Mukhtar.

Mukhtar kemudian secara simbolis menyalakan obor yang dipegang oleh para peserta. Penyalaan obor ini sekaligus simbol pelepasan pawai takbir obor. Mukhtar juga memimpin peserta bertakbir dan keliling rute yang sudah ditentukan.

Takbir yang dikumandangkan Mukhtar diikuti oleh semua peserta pawai obor sambil berjalan mengikuti rute yang ada. Ratusan obor yang menyala membuat acara ini terlihat begitu meriah. 

Mukhtar berharap lebaran menjadi momen bagi semua umat Islam untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan keluarga. Lebaran menjadi momen untuk lebih dekat kepada Tuhan dengan terus mengagungkan takbir dan tahmid di segala kesempatan yang ada.

Sebelum melepas pawai obor, Mukhtar juga memberikan pesan-pesan kamtibmas.


(Ahmad)

BERITA LAINNYA

MATENG 1131392829046428241

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item