Terapkan Syarat Bisa Baca Al-Quran bagi Napi Muslim, Kalapas Polman Dicopot




Polman, FMS - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mencopot Kepala Lapas Kelas IIB Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Haryoto dari jabatannya.

Pencopotan ini dilakukan setelah tim investigasi yang dibentuk Kemenkumham menemukan adanya pelanggaran standar operasional prosedur (SOP) yang memicu keributan di lapas tersebut, Sabtu (22/6/2019) lalu.

Haryoto dinilai melanggar SOP lantaran mewajibkan setiap narapidana beragama Islam yang akan menjalani pembebasan bersyarat, wajib bisa membaca Al-Quran dan menghafal surat-surat pendek sebelum resmi dibebaskan.

"Kebijakan tersebut tidak ada dalam SOP lapas," ujar Kepala Divisi Lapas Kemenkumham Sulawesi Barat Anwar, Selasa (25/6/2019).

Sebelumnya Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoli juga menyatakan Haryoto telah resmi ditarik dan dinonjobkan sementara. Yasona menilai meski ketentuan wajib baca Al-Quran bagi napi muslim maksudnya baik, tapi ketentuan tersebut dinilai telah melampaui ketentuan undang-undang karena hal tersebut tidak diatur dalam undang-undang.

Untuk sementara, posisi jabatan kalapas Polewali Mandar dijabat oleh Kepala Rutan Majene, I Wayan Nurasta sebagai pelaksana tugas harian. Sementara mantan Kalapas Haryoto akan dinonjobkan dan ditarik ke Kantor Kemenkumham Sulawesi Barat.

Diberitakan sebelumnya, kericuhan terjadi di Lapas Polman pada Sabtu pekan lalu,

Kepala Lapas Kelas II B Polewali Mandar ( Polman) Haryoto mengatakan, kericuhan di lapas tersebut dipicu seorang narapidana lapas tidak senang dengan aturan yang dia terapkan.

Haryoto menerapkan aturan bahwa setiap napi beragama Islam yang menjalani pembebasan bersyarat harus bisa membaca Al-Quran.

"Napi berinisial O belum bisa bebas, sebab yang bersangkutan belum bisa membaca Al-Quran. Sementara salah seorang napi berinisial R sudah dibebaskan karena yang bersangkutan dinilai sudah memenuhi syarat. Nah, inilah yang menjadi pemicu kemarahan yang diduga diprovokasi oleh oknum napi lainnya," jelas Haryoto, Sabtu (22/6/2019).

(Jaya)

Related

POLMAN 4909847666022949324

Post a Comment

  1. yg mencppot itu uda terpapar virus PKI.

    ReplyDelete
  2. Padahal itu sangat baik, dengan bisa baca Al Quran diharapkan kepribadian sang napi jadi lebih baik

    ReplyDelete
  3. artikel tentang standar operasional prosedur yang menarik. terimakasih tips tips nya om

    ReplyDelete
  4. Batik merupakan salah satu pakaian khas dari Jawa. Jika anda sedang mencari batik anda dapat memblinya di Toko Batik Jogja, batik yang dipasarkan pun memiliki berbagai macam motif yang mungkin anda sukai

    ReplyDelete
  5. 15+ Rekomendasi Hotel Murah Jogja Terbaik #1. Anda sedang mencari hotel yang murah di jogja? Tidak ada salahnya anda membuka website sekilasinfo.net karena kami akan memberikan 15+ Rekomendasi Hotel Murah Jogja yang terbaik dengan harga yang sangat terjangkau dan bersahabat. Ingin tahu apa saja rekomendasi hotel dari kami ? yuk simak selengkapnya pada ulasan menarik berikut ini.

    ReplyDelete
  6. Kamu suka hijab ? Suka ganti ganti gaya hijab ? Yuk ketahui bagaimana tren fashion hijab saat ini

    ReplyDelete

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini