Aksi Tolak Limbah PT Arwana Sawit Lestari di Pasangkayu


Pasangkayu, FMS - Sebanyak 65 Personil Polres Mamuju Utara melaksanakan pegawalan aksi damai yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Sarudu (AMPLS) di kantor PT. Arwana di Dusun Kuma, Desa Sarusu Kecamatan Sarudu Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Senin (15/07/2019).

Tersulutnya aksi itu, lantaran limbah yang dikeluarkan oleh PT Arwana Sawit sangat berbau dan mengganggu kenyawanan warga sekitar.

Aksi damai itu mendapat dukungan dari Kepala Dusun Sempo Utara, Syarifuddin yang juga turut dalam rombongan massa aksi dan Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Sarudu, M. Riad.

Koordinator Lapangan Abd. Somat mengatakan, massa melakukan aksi damai disebabkan bau limbah sawit dari PT. Awana Lestari yang sangat membahayakan. Disamping bau limbah yang tak sedap juga dapat menganggu pencemaran udara dan lingkungan serta membahayakan bagi kesehatan warga yang bermukim di sekitar perusahan tersebut.

"Kedatangan kami disini untuk menyampaikan aspirasi kami kepada pihak perusahan terkait dampak limbah  yang telah meresahkan masyarakat Sarudu," jelasnya.

Sebelumnya, kata Somat, pertemuan sering kali dilakukan, namun dari pertemuan itu tidak adanya solusi yang didapat.

"Sudah dua kami melakukan pertemuan  dengan pihak perusahan namun tidak ada solusi yang baik diberikan hingga kami terpaksa harus turun aksi," tuturnya.

"Kita berharap dengan aksi ini, pihak perusahan dapat memberikan solusi agar pencemaran lingkungan dan dampaknya tidak merembes ke warga," lanjutnya.

Sementara itu, Manajer PT. Awana Lestari, Suroso didepan para massa aksi berjanji akan mencari solusi yang terbaik.

Bahkan kata Suroso, dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi ke Lingkungan Hidup dan Perijinan sekaligus pertemuan dengan masyarakat Sarudu membahas persoalan tersebut.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Mamuju Utara AKP Iswan Mulyanto yang didampingi oleh Kapolsek Sarudu AKP Yohanis menyampaikan, aksi tersebut berjalan dengan aman dan terkendali.

(Ahmad)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 1844698901391701371

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item